Setelah Lama Kosong, Akhirnya Inspektur Inspektorat Kabupaten OKI Dijabat Syaparudin

Setelah Lama Kosong, Akhirnya Inspektur Inspektorat Kabupaten OKI Dijabat Syaparudin

Sekda OKI H Husin SPd MM MPd melantik Syaparudin SP MSi sebagai Inspektur Inspektorat Kabupaten OKI, Jumat 12 Mei 2023. Foto: dokumen/sumeks.co--

Setelah Lama Kosong, Akhirnya Inspektur Inspektorat Kabupaten OKI Dijabat Syaparudin 

OGAN KOMERING ILIR, SUMEKS.CO - Jabatan penting di Pemerintah Kabupaten  Ogan Komering Ilir (OKI) yakni Inspektur Inspektorat yang lumayan lama kosong, akhirnya diisi. 

Pejabat yang terpilih itu adalah Syaparudin SP MSi. Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Husin SPd MM MPd, Jumat 12 Mei 2023.

Disampaikan Sekda pejabat pimpinan tinggi pratama, Inspektur Inspektorat di Kabupaten OKI yang dilantik hari ini merupakan hasil seleksi terbuka. 

"Prosesnya cukup panjang, dari pembentukan tim seleksi, tes kompetensi, wawancara, assessment oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jatinagor, rekomendasi KASN hingga rekomendasi Gubernur Sumsel," terang Husin.

BACA JUGA:Tiga Terdakwa Pemerasan Kepala Inspektorat OKI Dihukum Ringan

Dimana dalam seleksi terbuka ini mengedepankan asas transparan dan akuntabel. 

Ditambahkan Husin, dengan proses yang transparan ini, Inspektur terpilih mampu mengemban amanah untuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan publik secara optimal. 

Dijelaskan untuk inspektur tidak hanya mampu meningkatan kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan publik tetapi dapat menjadi penjamin kinerja pemda secara efektif efesien dan akuntabal.

Serta mendorong penerapan nilai-nilai di seluruh organisasi perangkat daerah.

BACA JUGA:Inspektorat Ogan Ilir Bentuk Tim, Buntut Dugaan Pernikahan Siri Oknum Kades dan ASN Puskesmas

"Ada empat aspek utama yang perlu diwujudkan dalam kinerja good and clean governance yaitu transparansi, partisipasitif, akuntabel, dan komunikatif," jelasnya.

Semua aspek ini harus bisa dijalankan secara harmonis. Di samping fungsi pengawasan ada fungsi pembinaan dalam menjaga quality assurance untuk menjalankan roda pemerintahan good and clean government.

"Saya ucapkan selamat dan semangat berkinerja yang optimal untuk OKI," tukasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: