Kemenkominfo Ajak Para Pemuda Riau Berinovasi untuk Bangun Potensi Daerah

Kemenkominfo Ajak Para Pemuda Riau Berinovasi untuk Bangun Potensi Daerah

--

Kemenkominfo Ajak Para Pemuda Riau Berinovasi untuk Bangun Potensi Daerah

PEKANBARU, SUMEKS.CO - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menggelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tema “Inovasi Digital dalam Membangun Potensi Daerah” di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru pada Minggu, 7 Mei 2023.

Roadshow ini merupakan fase pengenalan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, sebagai langkah awal dalam memperkenalkan definisi startup sekaligus menanamkan pola pikir kewirausahaan kepada masyarakat umum.

Target capaian dalam kegiatan ini adalah 500 peserta dari mahasiswa Politeknik Caltex Riau dan masyarakat umum.

Berdasarkan data milik Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 3,47% dari total penduduk hingga tahun 2021 lalu.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Lakukan Penilaian Kompetensi Pegawai

Oleh karena itu, sejalan pula dengan visi “Indonesia Digital Nation 2025” yang telah dideklarasikan oleh Presiden Republik Indonesia untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia, Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital untuk menginisiasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Kegiatan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Erisman Yahya.

Dalam sambutannya, Erisman mengatakan bahwa, pemerintah Provinsi Riau menyambut baik penyelenggaraan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk memberikan wawasan tentang kewirausahaan berbasis digital kepada masyarakat.

“Mencerdaskan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi digital menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan, sehingga kemajuan teknologi digital yang ada dapat berperan sebagai perekat kesatuan bangsa,” tutur Erisman.

BACA JUGA:HORE! Buntut Penyerangan Warga di Yahukimo Papua, Satgas Operasi Damai Cartenz Tangkap

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Caltex Riau, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid turut memberikan sambutan dalam kegiatan roadshow.

Dadang menyampaikan bahwa potensi talenta digital di Riau harus dioptimalkan, salah satu caranya melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

“Ini kesempatan yang sangat besar untuk kita semua, bagi para talenta digital. Kita sangat optimis bahwa dengan dukungan dari Pemerintah Riau, dari Kementerian Kominfo, talenta-talenta digital kita akan semakin berkembang,” ujar Dadang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: