Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi di 6 Wilayah Indonesia, BMKG Wanti-Wanti Pemudik untuk Waspada

Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi di 6 Wilayah Indonesia, BMKG Wanti-Wanti Pemudik untuk Waspada

Hujan yang mengguyuri kota Palembang dan sekitarnya.--dok:sumeks.co

Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi di 6 Wilayah Indonesia, BMKG Wanti-Wanti Pemudik untuk Waspada

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Cuaca ekstrim diperkirakan akan terjadi pada 15 April hingga 21 April 2023 mendatang di sejumlah daerah di Indonesia. 

Dikutip dari akun snack video milik @Fahmi Fauzi bin Sobirin, menurut prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem akan terjadi di enam wilayah. 

Enam wilayah Indonesia yang akan dilanda cuaca ekstrem adalah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Papua.

BACA JUGA:Subhanallah! Akhir Ramadan 1444 Hijriah Akan Terjadi Fenomena Alam Langka, Masyarakat Diminta Tak Lakukan Ini

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyebut, bahwa penyebab cuaca ekstrem ini disebabkan oleh masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Masyarakat harus mewaspadai intensitas hujan lebat dan sangat lebat di enam wilayah yang disebutkan tadi, periode 15 April hingga 21 April mendatang," imbaunya.

Ditambahkan Dwikorita, pada masa peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, membuat arah angin sangat bervariasi.

"Ini membuat kondisi cuaca bisa saja berubah secara tiba-tiba. Bisa saja dari kondisi panas tiba-tiba berubah menjadi hujan, maupun sebaliknya," terangnya.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Hibrida Bertepatan dengan Tanda Datangnya Kiamat?, Ini Anjuran yang Diajarkan Rasulullah SAW

Karena itulah, Dwikorita menyarankan kepada masyarakat khususnya di enam wilayah tersebut, supaya meningkatkan kewaspadaan. Khususnya kepada para pemudik.

"Hati-hati kepada para pemudik saat mau mudik maupun pada saat arus balik. Karena, cuaca ekstrem akan mengganggu perjalanan mudik maupun balik," katanya lagi.

Untuk diketahui, BMKG menyediakan laman bagi pemudik yang ingin mendapatkan informasi cuaca. 

Untuk pemudik jalur darat dapat memantau informasi cuaca melalui https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-posko-lebaran.bmkg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: