Ini 5 Makna Malam Lailatul Qadar

Ini 5 Makna Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi.--

Inilah malam ketika Allah menentukan takdir semua peristiwa dalam tahun tersebut, hidup dan mati, suka dan duka, tenang dan damai serta yang lainnya.

Hal tersebut dipertegas dalam Surat Ad Dukhan ayat 4-5 yang berbunyi “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutusnya (rasul-rasul).”

Marilah kita perbaiki takdir kita pada malam perubahan takdir ini dengan amal-amal saleh kita. Sampaikan doa-doa indah yang kita pasrahkan kepada Allah Ta’ala agar diturunkan-Nya aneka rahmat dan berkah untuk kita.

Pada momen ini, mintalah juga ampunan-Nya yang begitu mulia. Sehingga saat terbuka pintu maaf-Nya, maka kita bisa mendapat kemudahan untuk meraih malam qadr yang mulia.

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf. Maka maafkanlah aku.” (Diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi, al-Nasa’ dan Ibn Majah).

BACA JUGA:Masjid Nurul Islam Villa Gardena 4 Kembali Aktifkan Tadarusan di Bulan Ramadan

5. Malam Kemuliaan

Makna malam Lailatul Qadar yang kedua yaitu sebagai malam kemuliaan. Qadar disebut sebagai malam yang mulia dan tiada hal yang dapat menandingi. 

Lailatul Qadar disebut malam yang mulia karena bertepatan dengan sejarah turunnya Alquran di zaman Nabi. Oleh sebab inilah, malam Lailatul Qadar menjadi titik tolak dari semua kemuliaan yang dapat diraih.

Sehingga, bagi orang-orang yang tidak mempercayai kekuasaan Allah dan kemuliaan malam Lailatul Qadar adalah orang yang rugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: