Ini 5 Makna Malam Lailatul Qadar

Ini 5 Makna Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi.--

Ini 5 Makna Malam Lailatul Qadar 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Malam Lailatul Qadar memiliki makna tersendiri yang harus umat muslim. Dalam Hadits Riwayat Ahmad dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengabarkan jika malam Lailatul Qadar jatuh di malam puluhan ganjil akhir bulan Ramadan yaitu 21, 23, 25, 27, 29, atau di akhir malam Ramadan.

Oleh karena itu, pada malam 10 terakhir Ramadan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyarankan umatnya untuk meningkatkan amal ibadah demi mendapat malam Lailatul Qadar.

Para ahli tafsir menyebutkan tiga makna Lailatul Qadar. Kita perlu mengetahui makna tersebut agar lebih memaknai malam Lailatul Qadar dan bisa semakin semangat untuk meraihnya.

Berikut SUMEKS.CO merangkum penjelasan makna malam Lailatul Qadar, 

1. Penetapan Perjalanan Hidup Manusia

BACA JUGA:Bulan Ramadan, Mie Gacoan Cabang Palembang Buka 24 Jam

Makna malam Lailatul Qadar dalam Alquran yang pertama tercantum pada Surat Ad Dukhan ayat 3. Dalam surat ini, disebutkan bahwa Qadar berarti penetapan atau pengaturan. Artinya malam Lailatul Qadar adalah malam penetapan Allah dalam menentukan perjalanan hidup manusia.

2. Kemuliaan Derajat yang Tinggi di Sisi Allah SWT

Lailatul Qadar menjadi malam yang mulia karena fa’il dan fi’il atau karena pelaku dan apa yang dilakukannya. Orang yang melakukan ibadah dan amal saleh pada malam ini akan menjadi orang yang mulia dan ketaatan yang dilakukan pada malam ini juga memiliki nilai yang sangat tinggi di hadapan Allah Ta’ala.

3. Qadr Berarti Sempit

Disebut Lailatul Qadar sebab sempitnya bumi karena diturunkannya malaikat. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

4. Qadr Berarti Ketentuan Ilahi

BACA JUGA:5 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi Selama Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: