Astaga Tarian Ida Dayak di Bully, Pria Asli Suku Dayak Geram Sindir Pesulap Merah

Astaga Tarian Ida Dayak di Bully, Pria Asli Suku Dayak Geram Sindir Pesulap Merah

Tarian Ida Dayak di Bully, Pria Asli Suku Dayak Geram Sindir Pesulap Merah--

Astaga Tarian Ida Dayak di Bully, Pria Asli Suku Dayak Geram Sindir Pesulap Merah

 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Selain menggunakan media minyak, Ibu Ida Dayak dalam mengobati pasien terutama patah tulang disertai dengan ritual tarian khas suku Dayak Kalimantan.

Akhir-akhir ini pro dan kontra tentang cara pengobatan Ibu Ida Dayak tersebut, mendapat banyak sorotan dari warganet terutama dibuat konten parodi.

BACA JUGA:Ida Dayak Kesal Banyak Penipu Jual Minyak Urut Online Pakai Namanya, ‘Penipu Itu, Pembohong, Tidak Bagus!’

Hal tersebut, akhirnya mendapat tanggapan serius diantaranya dari seorang pria keturunan asli suku Dayak Kalimantan Timur.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Tiktok @mr_bhocile_taubat_real, pria yang tidak diketahui namanya tersebut menyayangkan sikap netizen yang terkesan tidak menghormati adat istiadat suku Dayak.

BACA JUGA:Pasien Ibu Ida Dayak Membeludak dan Bikin Kewalahan, Sekarang Dibantu Keponakannya, Ini Tampangnya

Bahkan, menurut pria tersebut sikap warganet dengan membuat konten berisi Ibu Ida Dayak dengan berjoget, telah memperolok-olok adat istiadat suku Dayak.

"Kalian bikin konten joget-joget tentang cara pengobatan Ibu Ida, terus terang saya secara pribadi itu artinya menghina kami," kata pria dalam video tersebut.

Menurut pria tersebut, tarian yang dilakukan oleh Ibu Ida Dayak merupakan salah satu ritual dan metode penyembuhan khas suku Dayak dan tidak dilakukan sembarangan.

BACA JUGA:dr Felix Tuding Pengobatan Ida Dayak Settingan, Warganet: Jangan Fitnah Dokter, Bilang Aja Takut Hilang Pasien

Dalam video berdurasi 7 menit lebih tersebut, pria itu juga menyinggung tentang Pesulap Merah.

Dengan mengunakan pakaian khas suku Dayak seperti Ibu Ida Dayak, pria tersebut mengatakan akan lebih baik sang pesulap pelajari terlebih dahulu adat istiadat yang dipegang teguh oleh seseorang.

Dikatakannya, dirinya beserta keturunan selalu memegang teguh adat istiadat sama seperti suku lainnya di Indonesia dan harus dihormati serta dihargai.

BACA JUGA:Ibu Ida Dayak Bantah Berita Hoaks Saat Berbuka Puasa di Rumah Adiknya Arjuna Ganteng, Ada 4 Poin yang Dibantah

"Jangan sedikit-sedikit orang viral karena bisa menyembuhkan penyakit itu mengatakan orang itu dukun, jangan dangkal itu pikiran anda," kata pria tersebut.

Pria itu menerangkan, ilmu adat atau ilmu leluhur tidak bisa di logikakan, sedangkan ilmu seorang pesulap itu bisa dilogika kan.

Pria tersebut menyarankan, agar pesulap merah untuk mempelajari adat orang lain, sebelum berkoar-koar menyatakan pengobatan Ibu Ida Dayak itu adalah metode dukun.

BACA JUGA:Ibu Ida Dayak Muslimah Selalu Sebut Nama Allah SWT, Kalau Tak Bisa Saya Bilang Tidak Bisa, Saya Manusia Biasa!

"Tidak semua kami yang berasal dari pedalaman itu dukun," tegasnya.

Untuk itu, pria tersebut berharap kepada warganet termasuk pesulap merah untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Dan, lanjutnya membuat konten dalam bermedia sosial dengan pemikiran yang bijak juga.

BACA JUGA:Terungkap, Sosok Ida Dayak Seorang Trasmigran

Pria tersebut juga memohon kepada warga masyarakat untuk menghormati adat istiadat yang dipegang teguh Ibu Ida Dayak.

Karena, Ibu Ida Dayak bertujuan hanya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan tanpa pamrih.

Video tersebut telah ditonton sebanyak 5,7 miliar, dan telah mendapat ratusan ribu like dan telah dibagikan belasan ribu akun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: