Pasca Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Bagaimana Nasib Stadion GSJ Palembang?

Pasca Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Bagaimana Nasib Stadion GSJ Palembang?

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pasca dicoretnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang belum ditentukan kemana arah dan hanya akan dilakukan pemeliharaan.

"Hingga saat ini belum terpikirkan langkah lanjutan setelah gagal menjadi tuan rumah," ungkap Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Kamis 30 Maret 2023. 

Atas penghapusan Indonesia jadi tuan rumah, Deru menyayangkan adanya aksi penolakan terhadap Tim Nasional Israel dari rekan sesama kepala daerah yang jadi pemicu batalnya Piala Dunia.

Penolakan itu berasal dari Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan masih banyak kepala daerah lain.

BACA JUGA:FIFA Resmi Coret Indonesia dari Tuan Rumah Piala Dunia U-20

"Kita bukan salah satu (daerah) yang bermasalah. Ternyata ada daerah yang jadi faktor penyebabnya," ungkapnya.

Menurut Deru, kesiapan stadion dan empat lapangan latihan berstandar FIFA sudah dipenuhi. Deru mengklaim, seluruh infrastuktur 99 persen telah siap.

Hanya saja, infrastuktur jadi masalah lain jika sebagai tuan rumah Indonesia dianggap tidak ramah sebagai penyelenggara kegiatan. FIFA dinilai memiliki standarisasi tersendiri terhadap perilaku tuan rumah.

"Kesiapan infratruktur memang perlu kita siapkan, tetapi kesiapan kita menjadi tuan rumah yang baik itu wajib," jelas dia.

BACA JUGA: Inspeksi Terakhir FIFA Terhadap 6 Stadion Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Diberitakan sebelumnya, Indonesia dipastikan dicoret sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023. Kepastian tersebut menyusul adanya pernyataan resmi dari FIFA yang diumumkan pada Rabu 29 Maret 2023 malam.

Dilansir dari laman website FIFA, tertulis bahwa hasil pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, diputuskan untuk menghapus Indoensia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

"Pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," tulis laman website FIFA tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: