ASN Makin Cakap Digital - Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Pegawai ASN Kemendikbudristek

ASN Makin Cakap Digital - Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Pegawai ASN Kemendikbudristek

--

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bogor pada Senin-Kamis, 27-30 Maret 2023.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Hotel Santika, Kota Bogor dan diikuti oleh lebih dari 8000 peserta yang hadir secara luring maupun daring pada hari pertama yang terdiri dari dua batch, dengan target capaian sebanyak 6000 ASN Kemendikbudristek dalam menjalankan tugas dan fungsi sektor pemerintahan di tingkat pusat dan daerah.

Kegiatan ini juga dapat diikuti secara daring melalui live streaming Youtube dan Zoom. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ASN Kemendikbudristek dalam menunjang tugas dan fungsinya di bidang teknologi digital.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu yang menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00.

BACA JUGA:Warga Desa Suka Merindu Muara Enim Mulai Terima BLT Dana Desa

Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”. Kegiatan literasi digital yang diselenggarakan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintahan daerah tingkat pusat dan daerah ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan daerah menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang menyampaikan bahwa kegiatan Literasi Digital bagi ASN menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para ASN Kemendikbudristek.

“Melalui penyelenggaraan Literasi Digital yang dilaksanakan secara masif dan dipadukan dengan program Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi atau kemampuan ASN Kemendikbudristek,” tuturnya.

Nadiem melanjutkan bahwa, ASN yang mengikuti kegiatan ini akan dihadapkan pada empat dimensi Literasi Digital sebagai penunjang kompetensi.

BACA JUGA:DPRD Muba Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Muba Tahun 2022

“Empat dimensi literasi digital yakni Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture akan mengembangkan kompetensi ASN. Kegiatan ini juga akan menjadi momentum untuk semakin meningkatkan kecakapan digital ASN Kemendikbudristek.

“Saya optimis hasil dari pelatihan ini akan meningkatkan pelayanan publik,” jelas Nadiem.

Sambutan dilanjutkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti yang menyampaikan bahwa tanggung jawab ASN kini semakin besar karena pelayanan yang dihadirkan bagi masyarakat semakin beragam.

“ASN saat ini dituntut bekerja lebih baik dalam berbagai pelayanan untuk masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu menguasai literasi digital dengan baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: