Berikut Bank Penyalur Pinjaman KUR Tahun 2023, BRI Siap Kucurkan Rp 12 Triliun Maret Ini

Berikut Bank Penyalur Pinjaman KUR Tahun 2023, BRI Siap Kucurkan Rp 12 Triliun Maret Ini

Gedung BRI--

PALEMBANG, SUMEKS.CO  - Pemerintah Indonesia meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak tahun 2007.

Tiap tahun plafon dana KUR oleh pemerintah melalui bank ditunjuk mengalami kenaikan.

BACA JUGA:70 Bal Karung Pakaian ‘Beje’ Diamankan Polda Sumatera Selatan, Nasib Pemilik Barang dan Kios?

Saat ini bank pemerintah ditunjuk sebagai penyalur dana KUR yaitu, BRI, BNI, Mandiri dan BSI.  Tahun 2023, Presiden Jokowi meresmikan kucuran pertama dana pinjaman KUR di provinsi NAD pada Februari lalu.

Pembiayaan KUR menjadi favorit sektor UMKM secara individu/perseorangan. Termasuk sektor UMKM produkti tapi tidak punya agunan dan modal. 

Seketika pembiayaan KUR menjadi pilihan untuk mengembangkan usaha. Dana pinjaman mulai 25-500 juta, bunga 7% pertahun, UMKM minimal telah produksi 6 bulan serta mematuhi mekanisme perbankan. 

BACA JUGA:Polda Sumatera Selatan Amankan Puluhan Bal Karung Pakaian ‘Beje' yang Masuk Kota Palembang

Karena telah diresmikan penyaluran KUR tahun 2023 ini oleh Presiden Jokowi, maka Bank BRI menyiapkan dana penyaluran KUR sebesar Rp 270 triliun. BRI mengawali pembukaan pinjaman lunak KUR di Maret 2023 dengan alokasi besar Rp 12 Triliun.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan pinjaman KUR sebesar Rp 899,07 Triliun. Bank Mandiri mencatatkan memiliki nilai akad sebesar Rp 172,5 triliun. Terakhir Bank Negara Indonesia (BNI) dengan saluran Rp 141,4 Miliar. 

BACA JUGA:Info Kurs Hari ini, Rupiah Perkasa terhadap Dollar AS sejak Jumat Pagi, 24 Maret 2023

Dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebesar Rp 23 miliar. Kemenkeu juga merilis data jika total kucuran KUR tahun 2022 tembus hingga angka Rp 114,27 triliun.

Yang terdiri dari gabungan bank pemerintah, bank umum swasta dan lembaga keuangan lainnya. Sebut saja, Bank Pembangunan Daerah (BPD), Koperasi Simpan Pinjam (KSP), serta Perusahaan Pembiayaan. 

40 Penyalur KUR Aktif dikutip dari laman Kemenko Perekonomian per 26 Desember 2022:

5 Bank Pemerintah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: