Polda Sumatera Selatan Support Penuh Agenda Ziarah Kubro Palembang 2023

Polda Sumatera Selatan Support Penuh Agenda Ziarah Kubro Palembang 2023

Kapolda Sumatera Selatan saat menerima panitia pelaksana Ziarah Kubro Palembang 2023. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK menerima ustadz Amak bersama panpel acara Ziarah Kubro Ulama dan Auliya Palembang Darussalam di ruang Delegasi Lantai dua Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Kamis 9 Maret 2023. 

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM menyebutkan Ziarah Kubro Palembang Darussalam ini dilaksanakan rutinitas menjelang Ramadan. 

Tahun ini Ziarah Kubro akan dilaksanakan mulai Jumat 10 Maret besok hingga 12 Maret mendatang. Ziarah Kubro adalah tradisi dimana umat Islam berziarah ke makam para ulama dan auliya Palembang.

Menurut Supriadi Ziarah Kubro diprediksi akan diikuti puluhan ribu warga berjalan dari satu makam ke makan lainnya.

BACA JUGA:Jelang Ziarah Kubroh Kompleks Pemakaman Al Habib Ahmad bin Syech Bin Shahab, Dibersihkan

“Menurut panpel tradisi ziarah itu akan dimulai dari Kambang Koci Kelurahan 5 Ilir, Kawah Tengkurep sampai ke wilayah Kecamatan Seberang Ulu (SU) II,” ujar Supriadi. 

Kemudian rombongan peziarah akan mendatangi makam ulama tersebut, memanjatkan doa dan membersihkan makamnya. Menurutnya Tradisi ini bukan hanya diikuti warga Palembang saja.

Biasanya Ziarah Kubro ini juga banyak dihadiri oleh peserta dari manca negera. Contohnya, seperti yang berasal dari Arab, Hadromaut, Yaman, Tarin, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam.

“Berdasarkan informasi yang kita dapatkan, Ziarah Kubro ini diprediksi akan diikuti hingga puluhan ribu umat muslim. Mereka tidak hanya dari Palembang dan Sumsel saja, tapi juga ada manca negara,” terangnya.

BACA JUGA:Ziarah Kubro, ini Sejarah Makam Ulama Penyebar Islam di Palembang

Lebih lanjut Supriadi  menuturkan, Bapak  Kapolda Sumsel memberikan support penuh, mulai pengamanan lalu lintas jemaah dan pelaksanaan Ziarah Kubro.

“Memang tidak terpusat di satu atau tempat lainnya  Melainkan tersebar di beberapa wilayah di Kota Palembang. Mulai dari Kambang Koci Kelurahan 5 Ilir, Kawah Tengkurep sampai ke wilayah Kecamatan Seberang Ulu (SU) II. Insyaallah kita siap dan diagendakan Bapak Kapolda Sumsel ikut hadir turun langsung untuk monitoring pengamanan, mendukung penuh acara tersebut,” beber Supriadi.

Polda Sumsel melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan pengamanan jalannya Ziarah Kubro agar berjalan aman dan sukses. 

“Dan kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga Kamtibcarlantas sekiranya masyarakat tidak sempat hadir cukup berdoa di tempat masing-masing dan ini sukses kita laksanakan seperti pelaksanaan pengamanan Dzikir dan Haul Ki Marogan beberapa waktu  yang lalu,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: