Petugas Manggala Agni OKI, Mulai Patroli Mandiri Cegah Karhutbunla

Petugas Manggala Agni OKI, Mulai Patroli Mandiri Cegah Karhutbunla

Personil Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI melakukan patroli mandiri di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi OKI. --dok : sumeks.co

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Petugas Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, mulai melaksanakan patroli mandiri di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) cegah Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunla). 

"Iya untuk patroli mandiri oleh personil kita sudah mulai minggu ini guna pencegahan Karhutbunla," kata Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, Edi Satriawan SP. 

Dia menjelaskan, untuk Rabu, 8 Maret 2023, patroli mandiri oleh personilnya ke Desa Tanjung Aur, Kecamatan Jejawi. Semua Desa yang masuk dalam rawan Karhutbunla menjadi lokasi patroli. 

"Personil yang patroli mengecek ketinggian air juga mengecek kondisi lahan gambut yakni kelembabannya," ujar Edi, saat dibincangi SUMEKS.CO, Rabu 8 Maret 2023.

BACA JUGA:Himbau Masyarakat Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Edi menyebut, patroli mandiri oleh personilnya ini merupakan agenda dari Manggala Agni yang harus dilaksanakan. Patroli mandiri ini merupakan yang pertama diagenda tahun 2023.

Adapun lokasi patroli mandiri, yakni Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Tulung Selapan. Kedepan dijadwalkan patroli mandiri ke Desa Bukit Batu, Kecamatan Pangkalan Lampam dan Desa Kayu Labu, Kecamatan Pedamaran Timur. 

"Personil patroli mandiri ini untuk 1 tim nya terdiri dari 5 orang," katanya. 

Lanjutnya, untuk saat ini lahan gambut yang rawan terjadi Karhutbunla di Kabupaten OKI kondisinya masih basah. Karena saat ini masih ada curah hujan. Tetapi meskipun begitu personil Manggala Agni tetap siaga karena diprediksi ada elnino. 

BACA JUGA:Pendekatan Klaster, Cegah Kebakaran Lahan Gambut dengan Libatkan Multipihak

"Lahan gambut yang rawan terbakar di musim kemarau untuk saat ini masih basah karena masih ada curah hujan. Tapi personil kita tetap siaga," tegas Edi yang pernah bertugas di Daops Lahat. 

Dia menerangkan, dalam hal pencegahan Karhutbunla ini bukan hanya personil saja yang siap siaga. Tetapi untuk peralatan, sarana prasarana pendukung lainnya di Manggala Agni OKI ini juga siap. 

"Seperti mesin pompa, peralatan manual, peralatan teknis dan peralatan pendukung lainnya semua siap termasuk personilnya," jelasnya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: