Pemerintah Kabupaten Lahat akan Lakukan Penangkaran Kopi Bibit Unggul

Pemerintah Kabupaten Lahat akan Lakukan Penangkaran Kopi Bibit Unggul

Bupati Lahat Cik Ujang menyerahkan bantuan bibit sawit kepada kelompok tani, di Desa Wanaraya, Kecamatan Kikim Barat, Selasa, 7 Maret 2023.-Novri-

LAHAT, SUMEKS.CO - Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, bukan hanya terkenal dengan Megalit, batu-batu besar peninggalan pra sejarah. 

Kudapan maupun minuman dari Kabupaten Lahat, juga patut diperhitungkan. Salah satunya kopi, yang dihasilkan petani-petani lokal. 

Kopi asli Lahat, yang saat ini sudah mulai dilirik oleh pecinta kopi, baik masyarakat lokal maupun dari luar Kabupaten Lahat. 

Kopi yang berkualitas biasanya berasal dari bibit pohon pilihan yang sehat dan subur. Untuk ini Pemerintah Kabupaten Lahat, melalui Dinas Perkebunan Lahat, rencananya akan mengadakan penangkaran kopi bibit unggul pertama. 

BACA JUGA:Piala Adipura Lahat Diarak, ini Pesan Cik Ujang

Program penangkaran kopi bibit unggul ini akan dilakukan pada tahun 2023 ini. Menjadi program pertama dan satu-satunya di Kabupaten Lahat. 

Rencana ini disampaikan Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas Perkebunan Lahat Vivi Anggraini, SSTP, Msi, disela-sela acara penyerahan secara simbolis bantuan bibit sawit dan bibit pinang kepada 26 kelompok tani di Desa Wanaraya, Kecamatan Kikim Barat, Selasa, 7 Maret 2023.

Vivi Anggraini dalam laporannya menyebutkan bahwas pada Tahun 2023 ini nantinya akan dilakukan penangkaran kopi bibit unggul pertama di Kabupaten Lahat. 

Nantinya akan diawali dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding oleh Bupati Lahat dengan Direktorat Jendral Perkebunan di Penas (Pekan Nasional) yang akan diselenggarakan di Kota Padang, pada lima atau enam bulan kedepan. 

BACA JUGA:Meriah, Peserta Jalan Sehat BUMN Dilepas Bupati Lahat Cik Ujang

Rencana penangkaran kopi bibit unggulan ini sendiri disambut baik penggiat kopi di Kabupaten Lahat, Ancah. 

“Alhamdulilah, Kami Menyambut baik program Pemerintah Kabupaten Lahat, tentang penangkaran kopi bibit unggul yang rencananya akan dilaksanakan pada Juni 2023 nanti,” katanya. 

Sebagai penggiat sekaligus pecinta kopi, kata Ancah, tentunya sangat mendukung sekali program itu. Kopi asli Lahat, sendiri merupakan kopi yang bisa dikatakan enak dan sangat bisa dipasarkan dimana pun. 

“Terlebih jika memang benar, program penangkaran kopi bibit unggul itu berjalan, Kami yakin Kopi Lahat, akan semakin terkenal di Indonesia,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: