Pemilik Panti Asuhan Fisabillilah Al Amin Resmi Jadi Tersangka, Aksi Penganiayaan Diduga Sejak Februari 2022

Pemilik Panti Asuhan Fisabillilah Al Amin Resmi Jadi Tersangka, Aksi Penganiayaan Diduga Sejak Februari 2022

Pemilik panti asuhan Fisabilillah Al Amin (pakai peci) saat diamankan Sabtu malam setelah videonya viral di media sosial. Dia telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap anak panti. Foto: Deny/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tim Penyidik Polrestabes Palembang menetapkan pemilik Panti Asuhan Fisabillilah Al Amin M Hidayatullah alias Dayat sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap sejumlah anak panti. 

Hal tersebut ditegaskan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Minggu 26 Februari 2023. 

"Ya, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Oknum pemilik panti asuhan berinisial H tersebut sudah melakukan kekerasaan fisik dari barang bukti video yang beredar di media sosial (Medsos) dan untuk sementara ada dua korban," kata Mokhamad Ngajib. 

Ngajib mengatakan, tersangka ini ada tindak pidana yang dipenuhi unsur Pasal 80 Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. 

BACA JUGA:Usai Pra Rekontruksi, Inafis Polrestabes Palembang Pasang Polce Line di Panti Asuhan Fisabilillah Al Amin

"Dari hasil pemeriksaan anggota kami, anak-anak sendiri kegiatannya tidak disiplin, maka pelaku melakukan kekerasan fisik dan perbal terhadap korban," ujar Mokhamad Ngajib. 

Kombes Ngajib menambahkan, kejadian tersebut dilakukan oleh oknum pemilik panti asuhan pada sejak 15-20 Februari 2022 lalu. 

"Dan aksi pelaku ini memang sudah sering dilakukan kepada anak-anak panti. Ketika melakukan Kekerasan sering divideokan dan hinggi kini anak-anak tersebut yang viralkan video sudah kita lindungi," ungkap Mokhamad Ngajib. 

Sebagai tindaklanjutnya, ke 18 orang anak ini sudah di alihkan atau dipindahkan sementara ke tempat panti asuhan milik Kementerian Sosial. 

BACA JUGA:Pasca Kasus Penganiayaan Terungkap, Gimana Nasib Panti Asuhan Fiisabiillah Al Amin? Ini Kata Sekda Palembang

"Kami juga sudah meletakkan polwan untuk melindungi dan menghibur para anak-anak panti tersebut," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, usai melakukan pra rekontruksi, tim penyidik langsung memasang garis polisi atau pilce line di depan pagar panti asuhan Fisabilillah Al Amin yang terletak di Jalan Mangkubumi, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang. 

Pemasangan police line tersebut disaksikan oleh warga sekitar serta anggota lainnya di tempat lokasi, Minggu 26 Februari 2023 siang. 

Tampak salah satu anggota memberikan arahan kepada masyarakat sekitar untuk tidak mendekatinya dan apabila terjadi apa-apa silakan lapor ke kepolisian terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: