Dorong Pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Forum Perangkat di Daerah Muba

Dorong Pengembangan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Forum Perangkat di Daerah Muba

Kegiatan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin -Foto: dok/sumeks.co-

BACA JUGA:Usai Pra Rekontruksi, Inafis Polrestabes Palembang Pasang Polce Line di Panti Asuhan Fisabilillah Al Amin

Dimana capaiannya masih rendah, karena TGM dan IPLM Provinsi merupakan akumulasi dari TGM dan IPLM Kab/Kota se-Sumsel.

Pada kesempatan itu juga Fitriana menjelaskan bahwa pada tahun 2022 angka TGM dan IPLM Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil kajian Perpusnas RI Tahun 2021 angka TGM sebesar 55,51 (kategori sedang) dan di tahun 2022 meningkat menjadi 61,52 (kategori tinggi).

Sedangkan untuk IPLM tahun 2021 sebesar 14,57 dan ditahun 2022 meningkat menjadi 15,62  (merupakan angka konversi dari 74,35  karena terjadi perubahan interval pengukuran).

BACA JUGA:Tampil dengan Spek Garang, New Honda BeAT 2023 150 CC Siap Warnai Dunia Otomotif

Peningkatan capaian TGM dan IPLM ini turut berkontribusi terhadap naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sumsel.

Sebelumnya berada pada angka 70, 24 ditahun 2021 meningkat di tahun 2022 menjadi 70,90. 

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba sekaligus merangkap Plt Kepala Bappeda Kabupaten Muba Sunaryo, S.STP.MM, Sekretaris Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Kabupaten Muba.

Kemudian beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pendidikan,  BKPSDM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Para Pengelola Perpustakaan Sekolah,Kelurahan/Desa. Serta Pegiat Literasi  di Kabupaten Muba.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel, dan  Bappeda Kabupaten Muba.

Para peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh para narasumber. Kegiatan dilanjutkan berdiskusi  tentang berbagai hal terkait pemajuan bidang perpustakaan dan kearsipan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: