Kemenkumham Sumsel Berikan Beragam Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Kemenkumham Sumsel Berikan Beragam Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO  - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan melatih narapidana atau warga binaan pemasyarakatan dengan berbagai keterampilan bersertifikat. 

Hal tersebut dikatakan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, di Palembang, Sabtu 18 Februari 2023, bahwa pada tahun 2023 ini pihaknya telah memprogramkan pelatihan untuk 640 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari 20 lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

“Pelatihan keterampilan itu diberikan untuk membekali para WBP ketika bebas atau selesai menjalani masa pidana di lapas dan rutan bisa hidup mandiri membuka usaha sesuai dengan keterampilan yang dimiliki,” kata Ilham.

Adapun jenis pelatihan keterampilan bersertifikat yang diberikan kepada WBP di antaranya meubeler, desain interior, hydroponik, pertukangan kayu, karangan bunga, menjahit, membatik, tata boga, las listrik.

BACA JUGA:Masjid Agung Palembang Peringati Isra Miraj, Hadirkan Habib Muhammad Bagir

Kemudian ada pula pelatihan pembuatan bubuk kopi, perbengkelan, perikanan, rangka baja, barista, serta pertukangan bangunan.

“Saat ini sedang berlangsung pelatihan Las Listrik dan Barista di Lapas Kelas III Surulangun Rawas, serta pelatihan Las Listrik dan Pertukangan Bangunan di Lapas Narkotika Muara Beliti, yang diikuti masing-masing 40 WBP," ungkap Ilham.

Ilham menyebut, dalam pelaksanaan pelatihan tersebut pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder seperti Balai Latihan Kerja Kab/Kota setempat, Dinas Tenaga Kerja, Dinas perikanan, Dinas Sosial, LPKA Zakiya dan Batik Serasan Muara Enim, Badan Ketahanan Pangan dan Perikanan, dan juga LPK Amikom Palembang.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan melalui program pelatihan itu diharapkan WBP memiliki keterampilan sehingga dapat produktif selama dan setelah menjalani masa pidana.

BACA JUGA:Ini Pesan Komjen Andap di Public Relations Briefing Kemenkumham

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelatihan bersertifikat untuk WBP dan anak didik pemasyarakatan," ujar Kakanwil Ilham.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: