Kreatif Banget, Kreasi Pempek, Sayur dan Buah, Selain Enak Juga Bergizi

Kreatif Banget, Kreasi Pempek, Sayur dan Buah, Selain Enak Juga Bergizi

Tumpeng Pempek Pelangi, hasil kreasi Pempek Sultan, Palembang. -Fadli-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Hasil kreasi kudapan khas Palembang, Pempek ini kreatif banget.

Dipadu padamkan dengan aneka sayuran dan buah, jadi tumpeng pempek. Warna-warni buah dan sayuran membuatnya lebih menarik dan tentunya makin menggugah selera.

Salah satunya, produsen yang berani mengkreasikan penganan khas Palembang tersebut adalah Toko Pempek Sultan yang terkenal dengan pempek tumpeng pelanginya.

Setelah viral, pemilik toko sudah berkali-kali diundang beberapa stasiun televisi nasional termasuk dalam acara Hitam Putih, milik Dedy Corbuzier.

BACA JUGA:7 Cara Pedagang Pempek Palembang Menjajakan Dagangannya dari Zaman Dahulu Sampai Sekarang

Fifie Fitria Rizki atau karib disapa Fifi Owner Pempek Sultan Pindang Agan, menceritakan ide membuat pempek pelangi, Jumat 10 Februari 2023 menceritakan ide awal membuat pempek pelangi bermula dari keisengan.

Keisengan dirinya itu, berupa mencampurkan buah naga dan sayur pada adonan dasar Pempek, dikarenakan saat itu anak-anaknya susah untuk makan sayur dan buah.

"Mulanya iseng mencampurkan buah naga dan sayur kedalam adonan pempek, karena anak-anak susah makan sayur dan buah," ujar Fifi.

Karena keisengannya itu, lanjut Fifi atas izin suami H Boy mencoba untuk mengenalkan sekaligus memasarkan inovasi baru pempek pelangi dan bersyukur dapat diterima serta banjir orderan hingga saat ini.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Pempek Udang Asli Palembang yang Enak

Bahkan, keisengan dirinya juga termasuk membuka usaha pempek dan pindang khas Palembang yang mulanya, adalah dua jenis makanan favorit keluarganya hingga diberi nama Pempek Sultan dan Pindang Agan yang telah membuka tiga outlet di Kota Palembang .

"Nama itu juga diambil dari nama dua anaknya Sultan dan Agan," tuturnya.

Lebih jauh dia membeberkan, bahan-bahan utama dalam pembuatan pempek Pelangi adalah bahan yang alami, untuk pempek warna hijau ia dapatkan dari sayuran seperti sayur sawi.

Pempek warna Jingga atau Orange, lanjutnya didapatnya dari sayur wortel, sedangkan pempek berwarna merah diramu dari sari buah naga merah.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Pempek Kulit Ikan Tenggiri, Rasanya Lebih Gurih

"Pencampuran warna alami itu dipadukan dengan ikan tenggiri giling asli hingga menghasilkan pempek selain enak juga bergizi," kata Fifi.

Dilanjutkannya, untuk pempek pelangi ini sebenarnya sudah dipasarkan sejak tahun 2017, dan terus berinovasi dan berkreasi dengan berbagai bentuk pempek pelangi, mulai dari bentuk animasi kartu seperti "Hello Kitty" sampai berbentuk tumpeng dan kapal Titanic.

Sementara untuk harga pempek tumpeng pelangi, masih kata Fifi, ditawarkan dengan harga yang terjangkau, tergantung dari jumlah pempek yang digunakan dan tingkat kerumitannya sendiri.

"Kalau biasanya pempek pelangi bentuk tumpeng dibanderol mulai dari harga Rp150 ribu saja," sebutnya.

BACA JUGA:Resep Pempek Adaan Palembang yang Bentuknya Bulat Seperti Bola Pingpong

Bagi yang berminat untuk memesan pempek tumpeng pelangi, bisa langsung datang ke rumah makan Pempek Sultan Pindang Agan yang berlokasi di ruko Ilir Barat Permai tepatnya seberang Palembang Indah Mall Jalan Radial 24 Ilir Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang.

Atau bisa melalui media sosial Instagram dengan nama akun @pempeksulthan_pindangagan serta nomor telepon 0711 5740647 /0813-77740010.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: