Ribuan Umat Tionghoa Ikuti Ibadat Puncak Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang

Ribuan Umat Tionghoa Ikuti Ibadat Puncak Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang

Ribuan umat Tionghoa melakukan aktivitas sembahyang di Pulau Kemaro malam ini. Foto: Naba/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ribuan umat Tionghoa melakukan aktivitas sembahyang di Pulau Kemaro, Jumat 3 Februari 2023 malam sebagai puncak perayaan Cap Go Meh.

Rangkaian acara Cap Go Meh di Pulau Kemaro dilakukan pada 2 hingga 4 Februari 2023.

Menurut Ketua Panitia Cap Go Meh Palembang, Tjik Harun mengungkapkan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah mencabut status PPKM. 

Selama pandemi Covid-19 pada dua tahun ke belakang, perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro ditutup untuk umum dan pada tahun ini dibuka kembali.

BACA JUGA:Puncak Cap Go Meh, Ratusan Warga Palembang Antusias Naik Kapal Tongkang Gratis ke Pulau Kemaro

"Selama dua tahun ke belakang Cap Go Meh hanya untuk sembahyang saja, karena masih pandemi Covid-19. Data yang kami terima sebelum pandemi para pengunjung bisa mencapai 10 ribu orang, semoga tahun ini antusias kembali," kata Tjik Harun kepada awak media di Pulau Kemaro, Jumat 3 Februari 2023.

Tjik Harun memprediksi pengunjung akan lebih dari 10 ribu orang selama perayaan Cap Go Meh yang berlangsung mulai 1-4 Februari 2023.

"Puncak perayaan Cap Go Meh sendiri berlangsung Jumat dan Sabtu," ungkapnya.

Lanjut Tjik Harun, wisatawan yang hadir bukan hanya umat Tionghoa, tetapi masyarakat umum banyak mengunjungi Pulau Kemaro untuk melihat suasana Cap Go Meh.

BACA JUGA:Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Masyarakat Diminta Cari Jalan Alternatif

BACA JUGA:Nyaman Ditiduri Bos Bakso di OKU Selatan, Oknum Karyawati Bisa Bangun Rumah, Suami Marah Tapi Tak Buat Laporan

Pengunjung bukan hanya dari Palembang, namun ada dari Jakarta, bahkan luar negeri seperti umat Tionghoa dari Malaysia, Singapura, dan Thailand.

"Di sini lebih banyak wisatawan pengunjung umum dibanding yang beribadah, karena ini tujuannya juga sebagai objek wisata," ucapnya.

Kendati demikian Harun menyebutkan, sejumlah persiapan untuk menyambut pengunjung baik wisatawan dari dalam dan luar negeri pun dilakukan semaksimal mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: