4 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan Masuk Kategori IKP Sangat Tahan

4 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan Masuk Kategori IKP Sangat Tahan

Petani saat memanen hasil tanaman padi di sawah. Foto ilustrasi: dokumen/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Empat kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan, masuk kategori indeks ketahanan pangan (IKP) sangat tahan

Keempat daerah itu yakni, Kota Pelembang, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Banyuasin.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Lydia Kurniawati Christyana mengatakan, kondisi ketahanan pangan di wilayah Sumatera Selatan dalam kondisi aman.

"Hingga saat ini masih aman. Bahkan, dari 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan empat di antaranya masuk kategori IKP sangat tahan," ungkap Lydia saat dikonfirmasi, Kamis 26 Januari 2023.

BACA JUGA:Nah! Ketahanan Pangan 1 Kota di Sumatera Selatan di Kategori Rentan, 3 Kabupaten Agak Tahan

Lydia mengungkapkan, salah satu faktor pendukung ketahanan pangan di Sumatera Selatan yakni adanya kinerja yang baik dari APBN di Regional Sumatera Selatan sepanjang tahun 2022. 

Selain itu, dari sisi pendapatan negara, realisasinya juga melebihi target.

"Pelaksanaan APBN Regional Sumatera Selatan tahun 2022 telah berhasil mencatatkan kinerja yang positif bahkan impresif, baik dari sisi pendapatan maupun belanja negara," terang Lydia.

Dikatakan Lydia, kondisi ketahanan pangan dan kinerja APBN 2022 yang sangat baik ini, menjadi modal utama guna mengentaskan kemiskinan di Sumatera Selatan pada tahun 2023. 

BACA JUGA:Petani PALI Terima Bantuan Jaga Ketahanan Pangan

Menurut Lydia penguatan ketahanan pangan akan berdampak secara signifikan terhadap kemajuan Sumatera Selatan.

"Kita semua yakin ini menjadi modal utama memperbaiki keadaan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan di Sumatera Selatan," ujarnya.

Lebih lanjut Lydia menuturkan, pendapatan negara di wilayah Sumatera Selatan terealiasi 120,27 persen dari target. Atau tumbuh sekitar 37,15 persen (yoy). 

Hal itu dipengaruhi komoditas unggulan di sektor ketahanan pangan pada produk Beras di wilayah Kabupaten Banyuasin, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: