Serahkan DPA 2023, Bupati OKI Ingatkan 3 Arahan Presiden, Realisasi Cepat Namun Cermat

 Serahkan DPA 2023, Bupati OKI Ingatkan 3 Arahan Presiden, Realisasi Cepat Namun Cermat

Bupati OKI H Iskandar SE menyerahkan DPA tahun 2023 kepada OPD, di RRBS 1 Pemkab OKI, Selasa 24 Januari 2023.-Foto: dok/sumeks.co-

OKI, SUMEKS.CO - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H. Iskandar, SE menyerahkan Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) tahun 2023. Penyerahan kepada 53 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan se Kabupaten OKI di Kantor Pemkab OKI, Selasa 24 Januari 2023.

Dalam arahannya, Bupati Iskandar menegaskan tiga pesan penting presiden pada rakornas Kepala Daerah di Sentul Bogor pekan lalu. 

Pertama, selaku Pengguna Anggaran (PA), Kepala OPD diminta sesegera mungkin mempercepat realisasi serta menggunakan APBD dengan cermat serta penuh kehati-hatian.

“Karena belanja pemerintah memberi pengaruh signifikan terhadap pemulihan ekonomi masyarakat agar bergerak lebih cepat,” ungkap Iskandar.

BACA JUGA:981 Anggota PPS Kabupaten OKI Resmi Dilantik, Masa Tugas Hanya 14 Bulan

Percepatan itu menurut dia terutama pekerjaan-pekerjaan fisik, perbaikan-perbaikan jalan yang menopang ekonomi masyarakat.

“Agar dipercepat tender-tender atau proses pengadaan terutama pekerjaan fisik yang ditunggu masyarakat untuk menopang perekonomian," pesannya.

Secara makro maupun mikro ujar Iskandar perekonomian di tahun 2023 masih berada ketidakpastian akibat dampak pandemi covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

“Pesan presiden hati-hati,  krisis belum sepenuhnya berhenti tentu akan berdampak secara mikro di daerah” terang dia.

BACA JUGA:Jalan Letnan Yusuf Singadekane Sudah Dipercantik Taman Double Road, Masyarakat Diimbau Bantu Jaga

Dalam pengelolaan keuangan daerah tambah Iskandar harus mengutamakan transparansi dan akuntabilitas serta peningkatan pencapaian penilaian laporan keuangan pemerintah daerah.

“Jangan pula ragu atau ada ketakutan-ketakutan dalam menggunakan anggaran. Kalau ragu minta pendampingan dengan Aparat Penegak Hukum (APH) seperti itu pesan Presiden dan Jaksa Agung," ujar Iskandar.

Kedua, terkait inflasi berbagai pihak diminta bersinergi.

“Terkait harga-harga, rantai pasok dan ketersediaan bahan pokok harus benar-benar jadi atensi. Sering-sering pantau harga dan turun ke pasar," ungkapnya.

Sumber: