Jalan Letnan Yusuf Singadekane Sudah Dipercantik Taman Double Road, Masyarakat Diimbau Bantu Jaga

Jalan Letnan Yusuf Singadekane Sudah Dipercantik Taman Double Road, Masyarakat Diimbau Bantu Jaga

Ornamen bolar yang telah dipasang di persimpangan taman double road Jalan Letnan Yusuf Singadekane Kayuagung. -Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sepanjang jalan Letnan Yusuf Singadekane Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kini telah cantik. Jalan ini dipercantik dengan Taman Double Road dengan ornamen perahu kajang dan bolar. 

Pembangunan taman guna mempercantik jalan protokol ini telah rampung, kini giliran masyarakat Kayuagung yang diimbau untuk turut menjaganya.

"Kita minta kepada semua masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) khususnya Kayuagung untuk menjaga bolar-bolar ini. Ya jangan dirusak," pesan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) OKI, Ir Asmar Wijaya melalui Kepala Bidang Tata Bangunan dan Lingkungan, Isa Irawan ST. 

Isa mengatakan, pemasangan bolar ini mengadopsi dari Yogyakarta dan Bandung. Bertujuan menjadikan Kota Kayuagung indah dan enak dipandang, mempercantik Kota. 

BACA JUGA:Pantai Kerikil Pampangan OKI Mendadak Ramai, Hanya Hamparan Rawa yang Biasanya Sepi, Kini jadi Favorit Wisata

"Pengerjaannya telah selesai dipasang akhir tahun 2022 kemarin. Jadi di persimpangan sudah terlihat indah. Apalagi malam hari," ujarnya, saat dikonfirmasi, SUMEKS.CO, Senin 23 Januari 2023.

Dijelaskan, dari masing masing persimpangan untuk motif bolar bolarnya berbeda-beda. Ada yang motif warna emas ciri khas Palembang Sumatera Selatan. Ada juga motif warna warni dengan hiasan ikan. 

"Yang jelas bolar bolar itu indah dilihat, malam hari tambah cantik karena diterangi lampu taman," kata dia. 

Bolar-bolar yang ada ini, masih kata Isa, memang didatangkan langsung dari Yogyakarta. Sepanjang Jalan Letnan Yusuf Singadekane ini tidak semuanya dipasang dengan bolar-bolar.

BACA JUGA:Hotel Unik di Lubuklinggau Ini Punya Cicit Pangeran Mantap Natadiraja, Gaji 5 Pegawai Tak Mengandalkan Tamu

Taman double road ini juga dipercantik dengan ornamen perahu kajang di sepanjang taman. Ada 5 buah perahu kajang dengan ukuran besar untuk di persimpangan. 

"Untuk ornamen semua perahu kajang sudah terpasang begitu juga dengan ornamen bolar. Hanya saja masih pengecatan taman dan mengganti tanaman baru saja," terangnya.

Lalu ada sebanyak 9 buah ornamen perahu kajang dengan ukuran kecil yang dipasang di sepanjang taman. Kemudian untuk semua tanaman yang lama diganti tanaman baru dan dilakukan perehapan. 

"Kepada masyarakat Kayuagung untuk sama sama menjaganya. Jangan dirusak apalagi untuk mengambil. Ornamen inilah menambah nilai keindahan Kota Kayuagung. Sehingga membuat masyarakat luar nyaman dan senang singgah di Kayuagung," imbau Isa Irawan. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: