Ritual Puja Pelita di Vihara Dharmakirti Palembang, Ibadah Sambut Imlek

Ritual Puja Pelita di Vihara Dharmakirti Palembang, Ibadah Sambut Imlek

Ritual ibada Puja Pelita di Vihara Dharmakirti Palembang, Sabtu 21 Januari 2023, malam.-Foto: Deny/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ratusan umat Budha merayakan tahun baru Imlek di Vihara Dharmakirti, Sabtu 21 Januari 2023, malam. Mereka melaksanakan ritual ibadah Puja Pelita untuk menyambut Imlek.

Pantauan SUMEKS.CO, nampak umat yang merayakan tahun baru Imlek berbondong bondong datang untuk melakukan ritual ibadah.

Ratusan orang mulai dari anak-anak, dewasa hingga lansia (lanjut usia) beribadah di vihara yang terletak di Jalan Kapten Marzuki, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Palembang. 

Ritual itu diawali pembacaan pendupaan, dilanjutkan dengan blesing membacakan tapeco. Barulah memberkahi umat dan pelita sehingga semuanya diberkahi baik tempat maupun orangnya.

BACA JUGA:Kelenteng Palembang Bersolek, Ibadah Dilakukan Malam Sebelum Imlek

"Ini tujuannya, kebahagiaan universal bagi semua yang merayakan. Rangkaian ibadah malam kami adalah puja pelita dalam rangka menyambut tahun baru Imlek," kata Sekretaris Sangga Agung Indonesia dan Majelis Budaya Indonesia (MBI) Nico Yanawiria kepada awak media, Minggu 22 Januari 2023. 

Ditanya makna dari penyalaan lilin atau pelita, Niko Yanawiria mengatakan maknanya penerangan atau membebaskan dari kegelapan.

"Jadi, setiap tempat ibadah atau wihara kami selalu diberikan makna lilin atau penerangan," ungkap Niko Yanawiria. 

Niko Yanawiria juga berharap ditahun baru imlek ini kedepan menjadi lebih baik terutama didalam hal ekonomi, sehingga kebutuhan semua tercukupi. 

BACA JUGA:Minuman Simpel untuk Rayakan Imlek, Dipercaya Membawa Keberuntungan

"Intinya, saya berharap semoga kedepannya ekonomi khususnya di Kota Palembang bisa seimbang dan politik menjadi lebih tenang dan harmonis," terangnya.

Nico Yanawiria menambahkan, umat yang hadir pada malam ini berjumlah sekitar 100 orang lebih.

"Malam ini tidak ada kita batasi orang yang datang, dan besok kemungkinan akan lebih banyak lagi," ujar Nico Yanawiria. 

Sambut Imlek, Kelenteng Bersolek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: