Palembang Miliki 4 Fly Over, Ada yang Bilang No 3 Tak Kalah Cantik dengan Simpang Susun Semanggi Jakarta

Palembang Miliki 4 Fly Over, Ada yang Bilang No 3 Tak Kalah Cantik dengan Simpang Susun Semanggi Jakarta

Fly Over Simpang Bandara, Jl Tanjung Api-Api, Sukarame, Kota Palembang, yang disebut mirip Simpang Susun Semanggi, Jakarta. --dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Mengatasi kemacetan lalu lintas dalam Kota Palembang, pemerintah telah membangun jalan layang atau fly over.

Setidaknya sudah ada 4 fly over yang dibangun untuk kelancaran lalu lintas di Kota Palembang. Selain fly over, pemerintah juga membuat under pass.

Selain 4 fly over yang sudah selesai dibangun, saat ini sedang berlangsung pembangunan fly over di Jl Basuki Rahmat-Jl R Sukamto, Angkatan 66, Palembang.

Dimana saja fly over yang sudah dibangun dan dinikmati masyarakat Kota Palembang? Berikut liputan SUMEKS.CO :

BACA JUGA:Flyover Simpang Sekip, Pemkot Tanggung Jawab Lahan

1. Fly Over Simpang Polda Palembang

Fly Over atau Jembatan Layang Simpang Polda diresmikan pada 2008 silam oleh Presiden RI kelima, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Fly Over Simpang Polda dibangun dengan konstruksi U Box Girder.

Memiliki  panjang total 400 meter. Sedangkan, bentang utama sepanjang 230 meter dan lebar 18 meter.

Dalam pembangunan Fly Over Simpang Polda Palembang, pemerintah mengucurkan biaya sebesar Rp60,3 miliar.

BACA JUGA:Awas!!! Fly Over Jakabaring Hampir Putus

Biaya tersebut, berasal dari APBN murni tahun anggaran 2006 - 2008,serta sebagian biaya pembebasan tanah ditunjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang.

Jembatan Fly Over Simpang Polda Palembang menghubungkan Jl Jenderal Sudirman dari arah Km.5 menuju Taman Makam Pahlawan Palembang.

2. Fly Over Jakabaring

Pembangunan Fly Over Jakabaring menggunakan dana APBD sekitar Rp170 miliar dikerjakan sejak 2012 dengan panjang jembatan 435 meter dan lebar 7,5 meter.

BACA JUGA:Dirut PDAM Tirta Musi Palembang: Pemindahan Pipa di Lahan Pembangunan Fly Over Simpang Sekip Onschedule

Fly Over Jakabaring, yang diresmikan pada tahun 2015 dibangun guna mengurai kemacetan yang sering terjadi di kawasan Ampera, Jakabaring, Plaju, dan Kertapati.

Pembangunan Fly Over Jakabaring juga guna mengatasi kemacetan jelang Asian Games 2018 yang dipusatkan di Stadion Jakabaring Palembang.

3. Fly Over Simpang Bandara Tanjung Api-Api (TAA).

Fly Over Simpang Bandara-TAA rampung pada 2018 sebelum dilaksanakannya Asian Games di Kota Palembang.

BACA JUGA:Rambu Mata Kucing Fly Over Ludes

Diresmikan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib.

Memiliki panjang 460,74 meter dengan menelan dana anggaran senilai Rp159,51 miliar dalam pembangunannya.

Dengan struktur Precast Concrete U (PCU) Fly Over Simpang Bandara-TAA memudahkan akses jalan bagi masyarakat dari arah Jl Kolonel H Burlian menuju Jl SMB II Palembang.

Berdampingan dengan Light Rail Transit (LRT) Palembang, Fly Over Simpang Bandara-TAA sangat indah jika dilihat dari atas gerbong kereta. 

BACA JUGA:April, Pembangunan Fly Over Simpang Sekip Dimulai

Bahkan, banyak yang menyebut Fly Over Simpang Bandara-TAA tak jauh cantiknya dengan Simpang Susun Semanggi atau Jembatan Semanggi di Jakarta.

Terlebih, Fly Over Simpang Bandara-TAA satu-satunya Fly Over yang memiliki ornamen khas Palembang yakni bermotifkan flora atau tumbuh- tumbuhan dengan cat warna emas, hitam dan merah tua.

4. Fly Over Keramasan

Fly Over Kecamatan memiliki panjang 650 meter. Biaya pembangunannya sekitar Rp236 miliar dengan sistem kontrak tahun jamak dari 2016 - 2018.

Fly Over Keramasan menjadi jembatan layang keempat yang dibangun Pemkot Palembang, bersamaan dengan pembangunan Fly Over Simpang Bandara-TAA.

BACA JUGA:Dikendarai Mahasiswa, Innova Dinas Tabrak Median Fly Over Simpang Polda Sumsel

Pembangunan Fly Over Keramasan terletak di sekitar perempatan Simpang Keramasan antara lintas Jalan Mayjend Yusuf Singadekane menuju Jalan Lingkar Selatan (Jakabaring/Tol Palindra).

Sebaliknya, dari Jl Ki Merogan menuju Jl Srijaya Raya, juga sebaliknya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: