Rencana Pembentukan Provinsi Sumsel Barat Terkendala Akses Laut, Apa Iya ?

Rencana Pembentukan Provinsi Sumsel Barat Terkendala Akses Laut, Apa Iya ?

Denah peta rencana pemekaran Provinsi Sumsel Barat---

SUMEKS.CO - Rencana pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Barat terkendaka akses laut. Mayoritas daerah yang rencananya bergabung ke daerah pemekaran baru itu geografisnya dataran tinggi dan berbukit-bukit.

Pengamat Politik dan Pemerhati Sosial Bagindo Togar mengatakan, tidak tersedianya jalur laut menjadi aspek yang harus dipertimbangkan  dalam mobiltas pemerintahan dan perekonomian di suatu wilayah. Dicontohkanya angkutan batubara dari Kabupaten Lahat memerlukan cost yang tinggi untuk diangkut menuju akses laut. "Ini cntoh kecil saja," ujar Bagindo Togar.

Selain itu,  banyak aspek lain yang harus dipertimbangkan. Antara lain mobilitas perekonomian. " Jangan sampai provinsi baru terbentuk justru nambah beban, karena hanya memikirkan menciptakan raja baru," pungkasnya. 

Dia mengakui, banyak keuntungan jika terbentuknya Provinsi Sumsel Barat. Namun itu memerlukan kajian yang mendalam. Butuh waktu yang cukup lama bagi wilayah pemekaran untuk bisa mandiri dari provinsi asalnya. 

BACA JUGA:Wacana Provinsi Sumsel Barat Muncul Lagi, Sebut Nama Syahrial Oesman

Salah satu keuntungan yang didapat dari daerah baru, memudahkan penataan daerah dan juga kordinasi yang lebih cepat dan fleksibel. 

Empat Lawang menjadi kabupaten pertama di Sumsel yang memberikan dukungan terkait pembentukan Provinsi Sumsel Barat (Sumselbar). Dukungan itu telah diparipurnakan dan disetujui oleh seluruh anggota DPRD dan Bupati Empat Lawang.

"Kita 101 persen back up baik kebijakan maupun finansial. Masih panjang waktunya tapi harus dipersiapkan dari sekarang," kata Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, dikutif dari RMol Sumsel.

Lebih lanjut dia mengatakan, banyak manfaat yang akan didapat jika terdjadi pemekaran Provinsi Sumsel Barat. Untuk mewujudkan itu perlu dukungan dari enam daerah lainnya Pagaralam, Lahat, Lubuklinggau, Musi Rawas dan lainnya.

BACA JUGA:Imbas Tol Palembang - Bengkulu, Warga 11 Desa di Musi Rawas Mendadak jadi Miliarder

Pemekaran itu yang penting percepatan proses pembangunan kalau terbentuk provinsi baru pasti duit yang digelontorkan ke provinsi lebih besar dari sekarang, itu sudah kira rasakan ketika Empat Lawang mekar dari Lahat. Duit yang masuk ke Empat Lawang jauh lebih besar ketika gabung dengan Lahat, begitu juga Sumsel Barat, kalau Sumselbarat terbentuk pasti dana yang masuk ke Sumsel barat akan lebih besar dibanding sekarang kita gabung dengan Sumsel,” katanya.

Keuntungan lain yang didapat dari pemekaran provinsi Sumsel Barat itu diantaranya, mempermudah pemerintahan lebih dalam menata potensi daerah dan memudahkan koordinasi antar daerah.

"Rentang kendali pemerintah pasti lebih cepat, maka di cari yang ditengah-tengah dibuat ibukota provinsi. Insya Allah ini berurusan lebih dekat tujuan akhir tentu untuk kesejahteraan masyarakat Sumsel Barat lebih cepat meningkat ketika masih gabung ke Sumsel,"  katanya.

Dia mengingatkan bukan berarti ketika bergabung ke Sumsel tidak di perhatikan namun ada proses percepatan jauh lebih baik  mengurus  yang lebih luar dengan yang lebih kecil lebih yang mudah mengurus yang lebih kecil dan itulah prinsip dan tujuan pemekaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: