Usai Gempa di Maluku, Muncul Pulau Karang Baru di Perairan Kepulauan Tanimbar

Usai Gempa di Maluku, Muncul Pulau Karang Baru di Perairan Kepulauan Tanimbar

Usai gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku, muncul pulau baru di Desa Teinaman Kecamatan Tanimbar Utara, Maluku.-Instagram @infogempadunia-

MALUKU, SUMEKS.CO - Pulau baru tiba-tiba muncul di kepulauan Tanimbar, MALUKU. Pulau baru tersebut terbentuk setelah gempa M 7,5, Selasa 10 Januari 2023.

Walikota desa Tainaman Bony Kelmaskosu mengatakan, kemunculan pulau baru menimbulkan ketakutan warga desa Teineman Kabupaten Tanimbar Utara.

"Material membentuk seperti pulau," kata Bony.

Bony menambahkan, agar warga tidak ada rasa ketekuatan lagi, pihaknya menyarankan masyarakat agar mengungsi sementara.

BACA JUGA:Pindah Partai, PM Thailand Kembali Nyalon Perdana Menteri

Banyak isu yang beeredar tentang kemunculan pualu baru tersebut, ada yang mengatakan akan terjadi letusan Gunung Berapi bawah laut.

Selain itu, ada juga yang mengatakan kemunculan pulau baru tersebut akan terjadi tsunami besar.

"Kemunculan pulau baru tersebut biasa dikenal dengan istilah 'Mud Vulcano'. Dimana fenomena ini biasa terjadi usai terjadi gempa besar di bawah laut," terang Koordinator Data dan Informasi Stasiun Geofisika Kelas I BMKG Ambon Luthfy Pary.

"Kami belum mendapatkan informasi yang akurat, apakah fenomena ini terjadi murni karena gempa atau tidak. Kami perju mnegaji lebih dalam lagi," ujarnya.

BACA JUGA:Pindah Partai, PM Thailand Kembali Nyalon Perdana Menteri

Pemicu kemunculan pulau baru tersebut akibat gempa yang memberikan tekanan dari dalam lapisan kulit bumi.

Menurutnya, Pulau baru tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Sebelumnya telah terjadi gempa di wilayah laut Barat-Tenggara Maluku sekitar 136 kilometer barat laut dengan kekuatan gempa M7,5.

BMKG menyebutkan, gempa tergolong sedang akibat terjadinya aktivitas subduksi di Laut Banda dan guncangan terasa paling kuat di skala V MMI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: