Canggih Jembatan Penghubung Pulau Kemaro dan Sungai Gerong Plaju, Terowongan Dalam Air, Sistem Imersed Tunnel

Canggih Jembatan Penghubung Pulau Kemaro dan Sungai Gerong Plaju, Terowongan Dalam Air, Sistem Imersed Tunnel

Canggih jembatan penghubung pulau kemaro dan sungai gerong plaju. Jembatan terowongan dalam air dengan sistem imersed tunnel. foto: source/sumeks.co--

Selain itu, keterbatasan anggaran yang diberikan Pemerintah menjadi salah satu acuan pertimbangan atas pembangunan jembatan tersebut.

Ampera Bukan Jembatan terpanjang di Kota Palembang

Sementara itu, Jembatan Ampera ternyata bukanlah jembatan terpanjang di Kota Palembang. 

Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang. Terletak di pusat Kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

BACA JUGA:5 Nama Daerah Unik di Kota Palembang, Terakhir Lokasi Kompleks Olahraga Terbesar

BACA JUGA:8 Fakta Jembatan Ampera. Pernah Menjadi Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Ampera juga kerap kali dijadikan spot untuk berswafoto. Namun, siapa sangka Ampera yang kerap kali dijadikan wisatawan untuk spot berswafoto ini, masih kalah panjang dengan Jembatan Musi IV Palembang.

Jika diukur, Ampera terbentang di atas Sungai Musi Kota Palembang ini memiliki panjang 1.177 meter, lebar 22 meter dan tinggi 63 meter dan jarak antara menara 75 meter.

Sementara, Jembatan Musi IV Palembang merupakan tipe extradozed (perpaduan kabel dengan gelagar kotak/box girder) dengan panjang 1.130 meter, dan lebar 12 meter.

Lokasinya berada di Kelurahan Kuto Batu dan Kelurahan Lawang Kidul di Seberang Ilir, sementara di Seberang Ulu yakni di Jalan A Yani di Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

BACA JUGA: 5 Kata Sindiran Bahasa Palembang yang Tidak Boleh Sembarang Diucapkan

BACA JUGA:Jembatan Ampera Ditutup hingga Pukul 01.00 WIB Dini Hari, Silakan Lewati Jalan Alterantif Ini

Pembangunan Jembatan Musi IV bertujuan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan meningkatkan konektivitas di Kota Palembang. 

Perencanaan pembangunan Jembatan Musi IV telah dilakukan sejak tahun 2010.

Namun, karena keterbatasan anggaran, konstruksinya baru dilaksanakan pada tahun 2015-2018 menggunakan dana APBN dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan total dana Rp 553,57 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: