Hindari Gaya Hidup Modern, 4 Penyakit Degeneratif Mengincar

Hindari Gaya Hidup Modern, 4 Penyakit Degeneratif Mengincar

Makan makanan cepat saji banyak dilakukan orang dengan gaya hidup modern.--net

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gaya hidup modern telah menyebabkan banyak perubahan pada pola hidup manusia. Orang lebih sedikit bergerak dan mengkonsumsi lebih banyak.

Makanan yang dikonsumsi biasanya yang tidak memiliki nilai gizi seimbang. Makanan asin, banyak gula, dan banyak lemak.

Gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit, termasuk penyakit degeneratif. 

Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:Wanita Harus Tahu, 5 Makanan ini Bisa Memperbesar Ukuran Payudara

Cukup banyak jenis penyakit generatif yang terkait dengan penuaan, atau memburuk selama proses penuaan, terkait juga masalah genetik dan pilihan gaya hidup.

Banyak dari penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan hanya dapat dikelola untuk meringankan dan memperbaiki gejala.

Berikut penyakit degeneratif yang sering terjadi karna gaya hidup modern dan tidak diimbangi dengan pola hidup sehat :

 1.      Penyakit jantung 

Penyakit jantung atau juga dikenal dengan istilah penyakit kardiovaskuler. Salah satu jenis penyakit degeneratif yang menyebabkan kematian terbanyak di seluruh dunia.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh, Dianjurkan Komsumsi Sesuai Anjuran

Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari penyumbatan pembuluh darah, gangguan irama jantung, cacat jantung bawaan, sampai kelainan jantung lainnya.

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin. Jika tidak segera diobati dengan cara yang tepat, bisa memicu terjadinya gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan kematian.

Pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olah raga, merokok, dan banyak mengkonsumsi makanan berlemak menjadi risiko penyakit jantung.

2. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi, karena sel-sel tubuh kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak bisa dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin).

BACA JUGA:Yuk, Jaga Kesehatan Otak dengan Tiga Makanan ini

Faktor risiko diabetes mellitus tipe 2 disebabkan, seperti karena mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan kurang aktif bergerak.

Aktivitas fisik bisa membantu seseorang untuk mengontrol berat badan, membakar glukosa sebagai energi, dan membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Itulah mengapa, orang yang kurang beraktivitas fisik akan lebih mudah terkena diabetes tipe.

3. Osteoforosis

Osteoporosis adalah penyakit ketika kepadatan tulang secara perlahan berkurang, sehingga tulang menjadi lemah dan rentan akan fraktur (patah tulang).

BACA JUGA:Kendalikan Kolesterol Anda dengan 5 Makanan Sehat ini

Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus dipecah dan diganti. Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak mengikuti hilangnya tulang yang lama.

Osteoforosis disebabkan faktor kebiasaan atau pola hidup sehari-hari termasuk pola makan, jarang berolahraga, kebiasaan merokok hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

4. Alzheimer

Alzheimer juga termasuk ke dalam penyakit degeneratif umum yang mengakibatkan penurunan fungsi intelektual.

BACA JUGA:5 Jenis Obat Sinusitis Herbal yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Penyebab pasti penyakit ini belum ditemukan. Tapi, para ilmuwan cukup yakin dengan teori bahwa besi logam, aluminium, dan tembaga adalah penyebab utama.

Penyakit ini dapat dicegah dengan kebiasaan tidak merokok, makan diet seimbang yang sehat dan melakukan pemeriksaan tekanan darah serta kolesterol secara rutin di usia pertengahan.

Menjaga berat badan dan gaya hidup sehat serta menggabungkan kegiatan mental dan sosial juga akan membantu.

Itulah penyakit degeneratif, terapkan pola hidup sehat sejak dini agar terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: