Abon Ikan Betutu Khas Ogan Ilir, Ini Segudang Manfaat yang Harus Kamu Ketahui

Abon Ikan Betutu Khas Ogan Ilir, Ini Segudang Manfaat yang Harus Kamu Ketahui

Abon Ikan Betutu khas Kabupaten Ogan Ilir disediakan di stand Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir di Ogan Ilir Expo tahun 2023 di kawasan Tanjung Senai Indralaya.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Abon merupakan salah satu produk olahan yang sudah dikenal oleh orang banyak. Umumnya, Abon diolah dari daging sapi.

Abon adalah suatu jenis makanan kering berbentuk khas, dibuat dari daging, direbus, disayat-disayat, dibumbui, digoreng dan dipres.

Kalau biasanya abon terbuat dari daging sapi, berbeda halnya dengan abon di Kabupaten Ogan Ilir. Dimana, Kabupaten Ogan Ilir memiliki ikan khusus yang dijadikan abon, yakni Ikan Betutu.

Menurut Rika, pengelola abon Ikan Betutu asal Dusun 5 Desa Meranjat 2 Kecamatan Indralaya Selatan, abon Ikan Betutu diproses dari Ikan Betutu air tawar di Kabupaten Ogan Ilir.

"Ikan Betutu ini sangat baik dikonsumsi oleh semua dari anak-anak, dewasa ataupun orang tua," terang Rika kepada SUMEKS.CO, Kamis, 5 Januari 2023.

Ditambahkan Rika, abon Ikan Betutu ini bisa dijadikan cemilan yang sangat cocok untuk ibu-ibu yang habis melahirkan. Karena, Ikan Betutu ini mengandung banyak Albumin yang dapat membantu proses penyembuhan.

BACA JUGA: 7 Makanan Khas Arab Ini Wajib Dicicipi Warga Kota Palembang

BACA JUGA:Dogan Bakar Palembang, Sudah Enak Khasiatnya Bisa Meningkatkan Stamina Pria

Khusus untuk anak-anak, abon Ikan Betutu ini bisa membantu kecerdasan. Karena, kandungan Albumin yang kaya pada Ikan Betutu tersebut.

"Ikan ini diproses menggunakan bumbu-bumbu pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat sempurna," paparnya.

Selain menjadi cemilan, Rika mengatakan, abon Ikan Betutu ini juga bisa dijadikan lauk makan. Rasanya yang khas, dapat menambah nafsu makan.

Untuk mendapatkan abon Ikan Betutu ini, bisa mengunjungi stand Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir di Ogan Ilir Expo 2023 kawasan Tanjung Senai Indralaya.

"Satu box abonnya kita jual dengan harga Rp35.000, beratnya mencapai 1,5 ons. Silahkan icip-icip abon Ikan Betutu ini," ajak Rika. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: