Penjualan Buah Lontar di Kayuagung Banyak Peminat, Ini Manfaat Buah Lontar

Penjualan Buah Lontar di Kayuagung Banyak Peminat, Ini Manfaat Buah Lontar

Warga Kayuagung membeli buah lontar di Jalan Letnan Yusuf Singadekane Pahlawan Kayuagung. -Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Masyarakat KAYUAGUNG berbondong-bondong mengunjungi tempat penjualan buah lontar di Jalan Letnan Yusuf Singadekane Pahlawan, KAYUAGUNG Ogan Komering Ilir.

Buah lontar atau biasa disebut siwalan merupakan buah yang mirip dengan kelapa. Mulai dari tempurung buah hingga tekstur daging buahnya. Hanya saja pohon buah ini mirip dengan palem.

Rupanya buah lontar yang penampakannya mirip dengan kolang-kaling. Isi buah yang bening dan lonjong ini banyak mengandung air dan khasiat untuk kesehatan.

Buah lontar ini rasanya berbeda, buah lontar lebih lembut dan kenyal mirip seperti kelapa. Ketika digigit buah ini mengandung banyak sekali air.

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Pempek Keriting Asli Palembang

Buah lontar jadi salah satu buah yang banyak dicari saat Ramadhan. Buah ini memberikan efek menyegarkan dahaga sehingga cocok untuk sajian berbuka puasa.

Salah satu penjual Ria, menjelaskan, ia sengaja berjualan buah lontar di Kayuagung OKI karena belum ada pedagang lain yang berjualan. Selain itu buah lontar ini masih banyak orang belum mengetahuinya termasuk khasiatnya. 

BACA JUGA:Terbukti, Aplikasi Ini Penghasil Saldo DANA Gratis Tercepat

Dia mengatakan, buah lontar ini didapatnya dari pedagang lain juga dari provinsi Lampung. Tetapi kalau sebenarnya buah lontar ini tanaman yang berasal dari Kalimantan. 

"Hari ini pertama kali jual di Kayuagung. Sudah cukup banyak yang beli. Untuk buah lontar yang ukuran besar dijual Rp 20 ribu dan kecil Rp 10 ribu," terang Ria, kepada SUMEKS.CO, Kamis 29 Desember 2022.

Diungkapkannya, pembeli sudah lumayan banyak. Masyarakat Kayuagung penasaran dengan buah lontar. Sehingga membelinya, ini saja mengantri dikupasnya. 

"Rata-rata yang beli ini penasaran dan ingin mencoba khasiat buah lontar. Alhamdulilah rami yang beli," ujarnya. 

Hasan salah satu pembeli menuturkan, ia membeli buah lontar karena penasaran dengan buahnya yakni bagaimana rasanya. Selain itu juga mengetahui bahwa buah lontar dijadikan obat berbagai macam penyakit. Seperti diabetes dan lainnya. 

"Dengar-dengar buah lontar ini sebagai obat jadi beli. Penasaran juga rasanya. Apalagi baru ada yang jualnya," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: