Ini Materi Khutbah Jumat yang Bisa Digunakan Khotib Sambut Pergantian Tahun Baru 2023

Ini Materi Khutbah Jumat yang Bisa Digunakan Khotib Sambut Pergantian Tahun Baru 2023

Masjid Raya Citra Grand City Palembang. Foto: deny sumeks.co--

Di kesempatan yang mustajab  ini khatib mengajak kepada diri sendiri dan jamaah yang untuk senantiasa mengingatkan, mengajak, dan berwasiat kepada jamaah untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Takwa yang sesungguhnya yakni melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya baik dalam keadaan sepi maupun ramai, lahir dan juga batin. 

BACA JUGA:32.532 Tiket KA masa Nataru 2023 di Divre III Palembang Ludes Terjual

Jamaah yang Berbahagia

Dalam Al-Qur’an, perintah untuk bertakwa kepada Allah SWT sangatlah banyak. Perintah ini juga banyak yang dipadukan dengan berbagai perintah untuk terus memperkuat diri dalam beribadah.

Dan mendekatkan diri kepada-Nya dalam rangka menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Di antaranya seperti disebutkan dalam  Surat Al-Hasyr ayat 18: 

  يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ  وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ  إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. 

Ayat ini mengingatkan kita untuk senantiasa bertakwa kepada Allah sekaligus terus melakukan evaluasi, muhasabah atau introspeksi diri dengan melihat apa yang telah kita perbuat di masa lalu dan mempersiapkan masa depan agar lebih baik dari hari ini.

 Langkah ini bisa menjadi wujud syukur atas karunia yang telah diberikan Allah kepada kita karena masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini sampai dengan penghujung tahun ini. 

Mudah-mudahan dengan syukur ini, nikmat Allah akan terus ditambahkan kepada kita berupa karunia dipanjangkan umur kita oleh Allah sehingga kita akan bisa terus beribadah dan berbuat baik dalam kehidupan di dunia. 

BACA JUGA:Buya Arrazy Hasyim: Terjebak Dosa Taubat, Taubat Sambalado Tidak Masalah

Hadirin yang Berbahagia 

Ayat Quran laini juga menyebutkan bahwa termasuk orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang selalu memperhitungkan perbuatannya sendiri.

Apakah sesuai dengan ajaran agama atau tidak. Sehingga jika kita lebih banyak melanggar larangan Allah, maka hendaklah kita berusaha menutupnya dengan amal-amal salih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: