Ini Materi Khutbah Jumat yang Bisa Digunakan Khotib Sambut Pergantian Tahun Baru 2023

Ini Materi Khutbah Jumat yang Bisa Digunakan Khotib Sambut Pergantian Tahun Baru 2023

Masjid Raya Citra Grand City Palembang. Foto: deny sumeks.co--

SUMEKS.CO, Pergantian tahun Masehi 2022 ke 2023 tinggal menghitung hari. 

Dan hari Jumat pekan terakhir bulan Desember 2022 ini jatuh pada tanggal 30. Atau tepatnya tanggal 6 Jumadil Akhir 1444 Hijriyah. 

Dilansir dari Nu.or.id ada panduan yang menyentuh untuk dibuat bahan khutbah bagi para khotib (pemberi khutbah) masjid di wilayah Palembang dan sekitarnya.

Dalam pengantarnya menyebutkan, manusia diberi nikmat panjang umur adalah karunia yang mahal dan harus diisi dengan ibadah terbaik. 

Demikian pula nantinya kalau bisa memasuki tahun 2023, maka hendaknya karunia itu dapat disyukuri dengan optimal.

BACA JUGA:Mau Saldo DANA Gratis Rp500.000 untuk Tahun Baruan, Buruan Download 3 Aplikasi Ini

Syukur itu antara lain dengan berani melakukan muhasabah atau introspeksi diri yakni mengevaluasi diri agar prestasi kebaikan tahun lalu dapat kian ditingkatkan di tahun berikutnya. 

Demikianlah hakikat memperingati pergantian tahun yakni melakukan perenungan dari waktu ke waktu.

Naskah khutbah Jumat singkat ini silakan digandakan sekaligus dibagikan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Juga sebagai tambahan kebaikan atau jariyah bagi kita. 

Hutbah I

   الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ  ثُمَّ الْحَمْدُ لِلَّهِ . أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ وأشهدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ لَانَبِيّ بعدَهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدابن عبد الله وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ

أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى، وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَاب . وَقَالَ: يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ  وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ  إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ

 Jamaah Jumat yang Mulia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: