Intip Kemegahan Rumah Limas di Ogan Ilir Milik Mantan Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu

Intip Kemegahan Rumah Limas di Ogan Ilir Milik Mantan Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu

Inilah kondisi rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu yang terletak di Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Senin, 26 Desember 2022.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya Kabupaten OGAN ILIR, memiliki segudang cerita sejarah yang tersembunyi. Salah satunya tentang keberadaan rumah limas milik mantan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini, terletak di Jalan Lintas Palembang-Kayuagung tepatnya di Desa Tanjung Sejaro Kecamatan Indralaya. Rumah dengan luasan sekitar 100 meter ini, saat ini dalam keadaan tak berpenghuni.

Untuk menjaga rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini, dilakukan oleh keluarga Uju Kani. Keluarga inilah yang setiap hari membersihkan rumah dan pekarangan rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

"Tadinya rumah ini dihuni oleh ibunya Pak Ryamizard, tapi beberapa tahun lalu beliau meninggal, dan sekarang rumah ini tidak ada penghuni," terang Uju Kani kepada SUMEKS.CO, Senin, 26 Desember 2022.

BACA JUGA:Tenaga Honorer Non-ASN Otomatis Diangkat jadi PNS Tanpa Tes, Cek Syaratnya Disini

Menurut Uju Kani, rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini, sering didatangi oleh muda mudi yang ingin melakukan foto pranikah atau prewedding. Rumah ini juga sering digunakan oleh panitia pemilihan Bujang Gadis Ogan Ilir, sebagai spot foto para peserta.

"Kadang juga ada yang ingin merayakan ulang tahun disini. Semuanya kami fasilitasi dengan baik, meskipun di dalam rumah ini sudah tidak ada apa-apa lagi," terangnya.

Rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini tampak berbeda dari rumah-rumah limas lainnya yang ada di Palembang. Pasalnya, rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini, hanya memiliki satu lantai dan lantai dasar.

BACA JUGA:Ternyata, Gedung Kantor Pos Palembang, Pernah Diperebutkan Belanda dan Jepang

Salah satu elemen yang menonjol pada rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu adalah desain atap yang dihias menggunakan ornamen bentuk simbar. Simbar ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tapi juga sebagai penangkal petir.

Sebagaimana diketahui, masing-masing rumah limas memiliki jumlah simbar yang berbeda. Dua simbar melambangkan Adam dan Hawa, tiga simbar melambangkan matahari-bulan-bintang, empat simbar melambangkan sahabat nabi, sedangkan lima simbar melambangkan rukun Islam.

Bagian ruangan di dalam rumah limas terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian depan atau garang, bagian tengah, serta bagian belakang. Untuk tiang rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini, terdapat ukiran yang sangat cantik.

Hampir seluruh bagian rumah limas milik Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ini terbuat dari kayu dan papan. Tak hanya tiang rumah yang berukiran, pintu dan jendela rumahnya juga diberikan ukiran yang mempercantik kondisi rumah.

"Rumah ini kan menjadi villa pribadi Pak Ryamizard, jadi pada saat beliau kesini saja rumah ini ada penghuninya. Terakhir beliau ke rumah ini tiga tahun lalu," tutup Uju Kani. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: