Banyak Nama Kawasan Palembang Berawal Kata Talang, Nomor 7 Jadi Legenda

Banyak Nama Kawasan Palembang Berawal Kata Talang, Nomor 7 Jadi Legenda

Kompleks Makam Kiranggo Wiro Santiko di Talang Keranggo, Palembang. foto: fadli sumeks.co--

Ada dua versi asal usul penamaan Talang Betutu, yang pertama nama Talang pada zaman dahulu adalah pohon besar sedangkan Betutu berasal dari kata Betoto disamakan dengan Betata atau berlubang.

Sehingga Talang Betutu dapat diartikan sebuah pohon besar yang berlubang, yang dahulu banyak dijumpai di kawasan tersebut.

Sedangkan dari versi kedua, Betutu terinspirasi dari nama ikan Betutu yang dulunya dikatakan banyak di wilayah tersebut.

5. Talang Buruk 

Merupakan salah satu nama kawasan yang berada di Kota Palembang Sumatera Selatan. Lokasinya berada di Kelurahan karya baru, Kecamatan Alang Alang lebar Kota Palembang.

Dikuti dari berbagai sumber informasi, Talang Buruk dahulunya bernama Talang Jerambah Buruk, yang mana dahulu ada sebuah Jerambah atau Jembatan yang sudah buruk (jelek atau usang).

Kawasan Talang Buruk dulunya terkenal dengan jalan yang terjal. Di ujung jalan tersebut terdapat sebuah jerambah atau jembatan yang sudah terlihat jelek atau biasa orang sini (Palembang) menyebutnya dengan kata buruk. Dari situ nama Talang Jerambah Buruk berasal.

BACA JUGA:Petahana Menangkan Pilkades di Desa Talang Batu dan Rambang Senuling

6. Talang Jambe.

Talang Jambe adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Sukarame Palembang. Wilayah ini termasuk daerah mandiri yang sejak tahun 2010 resmi memisahkan diri dari kelurahan Talang Betutu.

Sekarang, Talang Jambe telah berkembang dan menjadi kawasan industri di kota Palembang. Hal ini dibuktikan dengan banyak berdirinya pergudangan dan pabrik-pabrik di wilayah Talang Jambe.

Terkait dengan nama Talang Jambe, rupanya ada makna di balik sebutan untuk wilayah ini.

Talang Jambe mendapat nama demikian karena di wilayah itu dulunya banyak ditumbuhi pohon jambe yang dalam bahasa Indonesia artinya pinang. Dimana banyak yang menyebutkan bahwa pohon dan buah pinang dipercaya adalah kesukaan para dewa.

7. Talang Keramat

Daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuasin ini, konon terdapat sebuah makam, yang dinamakan masyarakat dengan sebutan makam keramat panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: