Wajib Simak Tips Ciamik Jika Ingin Jadi, Bang Bono Kiper Timnas Moroko

Wajib Simak Tips Ciamik Jika Ingin Jadi, Bang Bono Kiper Timnas Moroko

kiper timnas maroko Yassine Bounou tampil begitu ciamik.-foto:doksumeksco-

Kiper memiliki hak melakukan tendangan gawang usai bola hasil sentuhan lawan keluar lapangan, bukan sisi samping lapangan.

Setelah penjaga gawang melakukan tendangan gawang dan secara kebetulan berada di jarak 6 yard, kiper tidak bisa menangkap bola.

Adapun tendangan gawang biasanya dilakukan oleh kiper tetapi bisa juga dilakukan oleh pemain lain di tim.

BACA JUGA:Batas Akhir Pencairan BSU 20 Desember 2022, Segera Cairkan di Kantor Pos Terdekat

Pelanggaran

Meskipun kiper menerima kelonggaran dari wasit di areanya atau kotak penalti, tapi bukan berarti bebas dari pelanggaran.

Penjaga gawang akan dianggap melakukan pelanggaran jika menjegal, menarik baju atau mendorong lawan hingga jatuh.

Boleh Keluar

Kiper diperbolehkan keluar dari areanya atau ke luar kotak penalti, namun di sana tidak perbolehkan untuk menyentuh bola dengan tangan.

Penjaga gawang biasanya melakukan itu (keluar) di momen saat mencegah pemain lawan hendak menerima umpan terobosan yang posisinya tak ada bek.

Atau kala tim membutuhkan gol dan mendapat tendangan bebas atau sepak pojok. Kiper yang maju hingga ke mulut gawang lawan juga bisa mencetak gol tapi tidak dengan tangan.

Tendangan Penalti

Penjaga gawang harus tetap berada di garis gawang sebelum tendangan penalti dilakukan. Dapat bergerak maju saat tendangan dilakukan. Kiper juga dapat mengambil penalti jika diberikan oleh tim.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: