Wisata Naik Perahu Ketek ke Pulau Kemaro, Palembang Kembali Ramai

Wisata Naik Perahu Ketek ke Pulau Kemaro, Palembang Kembali Ramai

Foto : Tejo/Sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Animo masyarakat Kota Palembang, berwisata menggunakan Perahu Ketek, mulai ramai setelah dua tahun sepi akibat pandemi Covid-19. 

Umumnya, warga naik Perahu Ketek menuju Pulau Kemaro dan sejumlah tempat wisata yang ada di sepanjang bantaran Sungai Musi.

Perahu Ketek atau Getek merupakan salah satu alat transportasi air di perairan Sungai Musi, Palembang. 

Terutama pada masa libur sekolah, Natal dan Tahun Baru, banyak warga mengisi waktu libur ke Pulau Kemaro, salah satu objek wisata di Kota Palembang yang berada di perairan Sungai Musi. 

BACA JUGA:Dampak Aktivitas PLTU, Pohon Karet Mati Terendam Banjir

Ladi, serang (pengemudi) Perahu Ketek, mengatakan saat akhir pekan warga yang ingin berlibur ke Pulau Kemaro sudah cukup ramai. 

“Alhamdullilah, di tahun ini warga yang ingin berlibur ke Pulau Kemaro sudah cukup ramai,” kata Ledi, saat ditemui SUMEKS.CO, Kamis 8 Desember 2022. 

Dikatakan, sebentar lagi libur sekolah, natal dan tahun baru. Biasanya pada saat liburan sekolah, natal dan tahun baru  warga yang ingin ke Pulau Kemaro, semakin ramai. 

Untuk bisa menuju ke Pulau Kemaro  tersebut, bisa menggunakan transportasi sungai  seperti, Perahu Ketek dan Speedboat. Transportasi sungai ini terdapat di tepian Sungai musi, tepatnya di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

BACA JUGA:Libatkan OPD, DLHP Sumsel Susun KLHS Perubahan RTRW

Perjalanan menggunakan Perahu Ketek ke Pulau Kemaro ditempuh dengan waktu kurang leabih 30 menit atau sekitar 6 km dari dermaga BKB. 

Sedangkan perjalanan menggunakan speedboat ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit.

“Kalau sewa ketek biasanya kita kasih harga Rp300.000 untuk muatan 10 orang per 2 jam, sedangkan untuk sewa speedboat Rp300.000 untuk muatan 6 orang per 2 jam. Untuk sewa 1 hari dengan harga Rp600.000, baik ketek ataupun speedboat,” ungkap Ledi. 

Saat di Pulau Kemaro para pengunjung bisa menikmati keindahan panorama di sekitaran pulau tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: