Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, Airnya dari Masjid Agung dan Pura Mangkunegaran

Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, Airnya dari Masjid Agung dan Pura Mangkunegaran

Dijadwalkan Jumat pagi 9 Desember 2022, Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman. Foto Kaesang Pangarep dan Erinagudono Instagram--

SUMEKS.CO, Dijadwalkan Jumat pagi 9 Desember 2022, Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman

Kegiatan ini hanya diikuti keluarga inti Presiden Joko Widodo.

Menurut Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, sekaligus juru bicara keluarga Presiden Joko Widodo , tradisi siraman dilakukan kedua mempelai secara terpisah di kediaman masing-masing. 

“Tradisi seperti siraman biasa. Tidak ada tamu undangan, dari keluarga saja. Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Dari pakde, bude yang sudah mantu,” ujarnya.

Di laman Radar Solo disebutkan, siraman merupakan prosesi pendahulu sebelum akad nikah, pada Sabtu 10 Desember 2022 di Jogjakarta. 

Uniknya, siramannya menggunakan air dari tujuh mata air berbeda. 

Mulai dari rumah almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo (ibunda Presiden Joko Widodo), kediaman pribadi Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Ini Pernyataan Batik Air Terkait Koper Kaesang Pangarep yang 'Nyasar' ke Kualanamu

Berikutnya air dari Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Keraton Kasunanan Solo, Pura Mangkunegaran, dan Pengging. “Semua sudah siap. Kamis (8/12) ada pengajian. Jumat (9/12) siraman,” ungkap Gibran. 

Sedangkan, untuk pengamanan ada  749 personel gabungan diterjunkan guna mengamankan jalur VVIP selama prosesi pernikahan Kaesang Pengarep-Erina S Gudono di jalan Solo-Jogja di Klaten mulai Kamis-Minggu (8-11/12). 

Tim terdiri dari 599 personel dari Polres Klaten, 100 personel Kodim 0723/Klaten dan 50 personel Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten.

Terdapat 283 titik di sepanjang jalan Solo-Jogja yang akan ditempatkan personel gabungan tersebut. Mulai dari persimpangan jalan, median jalan hingga gang menuju jalur VVIP.

Ini demi kelancaran dan keamanan rombongan pengantin hingga tamu VVIP yang melintasi Klaten.

“Kami mengecek kesiapan para personel untuk pengamanan jalur VVIP. Mulai dari senter, apil, jas hujan hingga alat komunikasi yakni handy talk (HT),” ucap Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo ditemui usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan lalu lintas VVIP di Mapolres Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: