Waspada Bencana Hidrometereologi! November-Januari Wilayah Ogan Ilir Diprediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Waspada Bencana Hidrometereologi! November-Januari Wilayah Ogan Ilir Diprediksi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, didampingi Kalaksa BPBD Ogan Ilir, Edi Rahmat, saat apel kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam penanggulangan bencana hidrometereologi Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022.-Foto: dok/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, memprediksi bahwa periode November hingga Januari mendatang wilayah Ogan Ilir akan terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Untuk itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat, mengimbau kepada warga Ogan Ilir supaya selalu siaga dan waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Selalu siaga dan waspada, mengingat di bulan November, Desember, sampai Januari  intensitas hujan tinggi, potensi hujan lebat dan angin kencang," ungkapnya, Jumat, 18 November 2022.

Dijelaskan Edi, bencana hidrometeorologi yang berkemungkinan terjadi di wilayah Ogan Ilir. Yakni banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Menurut Edi, seluruh wilayah Ogan Ilir ini berpotensial rawan bencana hidrometereologi.

BACA JUGA:[BREAKING NEWS] Beredar Kabar, Terduga Pelaku Pembunuhan Calon Kades Betung 2 Diamankan di Mapolres Ogan Ilir

"Di Ogan Ilir memang terdapat beberapa wilayah yang menjadi langganan banjir. Salah satunya di wilayah Muara Kuang dan Pemulutan. Kedua wilayah tersebut berada di bantaran sungai," jelasnya.

Selain mengimbau warga untuk selalu siaga dan waspada, Edi juga mengatakan, bahwa pihaknya juga menyiagakan personel serta peralatan. Dan ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, semuanya siap memberikan bantuan.

Adapun peralatan yang disiagakan oleh BPBD Kabupaten Ogan Ilir, yakni, mobil serbaguna, mobil L 300, mobil tangki, mesin chainsaw, perahu karet, perahu fiber,  valbed, tandu, handy talki, kantong mayat,  senter, radio panggil, tenda keluarga, tenda komando dan logistik.

BPBD Kabupaten Ogan Ilir sendiri, sudah melakukan apel kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam penanggulangan bencana hidrometereologi Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2022 di Halaman Perkantoran Pemkab Ogan Ilir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: