Pemohon Kartu Pencaker di Disnakertrans OKI Lebih Banyak Tujuan Pulau Jawa

Pemohon Kartu Pencaker di Disnakertrans OKI Lebih Banyak Tujuan Pulau Jawa

Sejumlah pemohon membuat kartu pencaker di Kantor Disnakertrans Kabupaten OKI, Rabu 26 Oktober 2022.-Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemohon yang  membuat Kartu Pencari Kerja (Pencaker) atau AK-1 di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kebanyakan ingin bekerja dengan tujuan pulau Jawa. 

Kepala Disnakertrans Kabupaten OKI, Sudiyanto Djakfar melalui Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Septa Akbar SE MM, mengatakan pemohon membuat kartu pencaker ini, rupanya kebanyakan ingin mencari pekerjaan di Pulau Jawa. 

"Iya rata-rata pemohon buat kartu pencaker ini dengan tujuan ingin kerja di Pulau Jawa dan kebanyakan kerja pabrik dan perusahaan bidang lainnya,” kata Septa, saat dibincangi SUMEKS. CO, Rabu 26 Oktober 2022. 

Menurut Septa, di Pulau Jawa memang banyak pabrik pabrik besar yang membutuhkan tenaga kerja. 

BACA JUGA:Masyarakat OKI yang Tinggal di Dataran Rendah Diimbau Waspada

Dia menjelaskan, dari sejumlah pemohon ini kebanyakan berasal dari lulusan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dibandingkan dari lulusan perguruan tinggi. 

Mereka untuk mencari pekerjaan disana bermacam-macam, mulai dari banyaknya lowongan pekerjaan dan dengan gaji yang lumayan besar. 

Septa mengatakan, sejumlah pemohon itu juga berasal dari kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKI. Diantaranya Kecamatan SP Padang, Jejawi, Pampangan, Lempuing, Lempuing Jaya dan lainnya. 

Untuk normalnya setiap harinya pemohon yang membuat kartu pencaker ini rata-rata lima orang pemohon. 

Tetapi kalau ada lowongan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja yang banyak, yakni seperti Batam, barulah pemohon buat kartu pencaker banyak. 

BACA JUGA:Puluhan Ornamen Perahu Kajang Hiasi Kota Kayuagung, OKI

Septa menambahkan, adapun persyaratan yang disiapkan pemohon buat kartu pencaker adalah foto copy KTP yang masih berlaku, foto copy akte kelahiran, foto copy Kartu Keluarga, foto copy ijazah dari SD hingga akhir pendidikan, foto ukuran 2x3 2 lembar, Surat pengalaman kerja bila ada dan sertifikat pelatihan keterampilan. 

Salah satu pemohon pembuat kartu pencaker, Widya mengatakan, ingin melamar pekerjaan di pabrik yang ada di Tangerang. 

“Mendapat informasi disana banyak butuh tenaga kerja. Disana juga ada keluarga dan pabrik disana butuh tenaga kerja, semoga diterima," ujarnya.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: