Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Rumah

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Rumah

--

Jika bayi Anda tampak kesal dan tidak nyaman karena batuk, ibu dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk memerangi batuk pada bayi: 

 1. Air Susu Ibu (ASI) 

Air susu ibu mengandung zat penambah daya tahan tubuh yang dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi. melawan infeksi Selain itu ASI juga baik untuk mengencerkan lendir dan membersihkan tenggorokan. 

Oleh karena itu, jika bayi Anda batuk, dianjurkan untuk memberikan lebih banyak ASI. 

 2. Instilasi salin 

Saline adalah obat tetes hidung yang terbuat dari saline steril, yang menghilangkan lendir dari hidung dan tenggorokan bayi. Anda bisa mendapatkan solusi ini dari apotek. 

Cara pemakaiannya cukup mudah, pertama-tama Anda harus meletakkan kepala si kecil sedikit ke atas lalu teteskan saline (2-3 tetes) ke dalam rongga hidung dengan pipet. Biarkan selama sekitar 30 detik dan kemudian bersihkan lubang hidung Anda. Pastikan untuk membaca label kemasan untuk mengetahui dosisnya. 

 3. Memberikan uap hangat 

Uap hangat mengencerkan lendir dan membantu bayi bernapas lebih mudah. Oleh karena itu, Bunda bisa menyiapkan air panas dengan suhu sedemikian rupa sehingga Si Kecil bernafas. 

Selain itu, Anda juga bisa mengobati batuk si kecil dengan mandi air hangat atau menggunakan pelembab atau dehumidifier. Saat menggunakan steam panas, pastikan suhu steam tidak terlalu panas (sekitar 37,2-38oC). 

 4. Berikan minuman hangat 

Saat bayi Anda berusia 6 bulan, Anda bisa memberinya air hangat. Namun, harus diingat bahwa Anda tidak boleh memberinya minuman panas yang dicampur dengan madu, karena madu dapat menyebabkan botulisme pada bayi di bawah 1 tahun. 

Selain cara-cara tersebut di atas, ibu disarankan untuk terus memantau perkembangan Si Kecil selama sakit. Perhatikan gejala berikut: 

 - Sesak napas. 

 - Demam tinggi lebih dari 3 hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: