Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Rumah

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi di Rumah

--

SUMEKS.CO - Jika anak Anda sedang batuk, tidak disarankan untuk segera memberinya obat batuk. Pasalnya, obat batuk berisiko menimbulkan efek samping pada anak.

Selain obat-obatan, ada banyak cara mengobati batuk pada bayi yang lebih mudah dan aman.

Batuk adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran, virus, dan bakteri dari saluran pernapasan. Oleh karena itu, batuk pada bayi sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya.

Namun, ketika seorang anak batuk, ia menjadi lebih mudah rewel dan sulit untuk beristirahat. Hal ini membuat banyak orang tua khawatir dan ingin segera meredakan batuk yang dialami anaknya. 

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Maksimalkan Potensi Atlet Lokal Lewat Iklim Kompetisi

Gejala dan Jenis Batuk Pada Bayi 

Bayi yang batuk biasanya mengalami gejala lain seperti demam, hidung tersumbat, mata merah, dan kehilangan nafsu makan. Secara umum batuk pada bayi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: 

1. Batuk Kering 

Jenis batuk yang tidak mengeluarkan lendir dan bisa menjadi tanda bahwa anak sedang pilek, flu, ISPA, alergi, batuk rejan atau rejan. 

2. Batuk Berdahak 

Batuk berdahak pada bayi yang disertai dengan mengi dan sesak napas dapat menjadi tanda bahwa ia menderita penyakit saluran pernapasan seperti ISPA, asma, bronkitis, atau pneumonia. 

Cara Aman Mengatasi Batuk pada Bayi 

Batuk yang disebabkan oleh infeksi virus dapat diobati tanpa obat. Namun, batuk seringkali membuat bayi sulit untuk tertidur dan membuatnya sulit untuk rewel. 

BACA JUGA:Korban Tewas Insiden Kapal Terbakar di Kupang 13 Orang, Satu Jenazah Memang Dibawa dari Kupang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: