Tim Fahmil Quran Sumsel Berhasil Sumbang Medali Perak di MTQN XXIX Kalsel

Tim Fahmil Quran Sumsel Berhasil Sumbang Medali Perak di MTQN XXIX Kalsel

Tim Fahmil Quran Putra utusan Provinsi Sumsel, Juara II di cabang Musabaqah Fahmil Al-Quran (MFQ) pada ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan.-Foto: Dok. Sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tim Fahmil Quran Putra utusan Provinsi Sumselsukses menyabet Juara II (medali perak) di cabang Musabaqah Fahmil Al-Quran (MFQ) pada ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan.

Cabang fahmil quran putra mampu mempersembahkan tiga poin untuk kafilah Sumsel. Poin ini tercatat sebagai poin perdana dari empat final yang melibatkan utusan Sumsel di MTQN XXIX Kalsel.

Babak final MFQ berlangsung di Gedung KH Idham Kholid Komplek Pemprop Kalsel di Banjar Baru, Senin 17 Oktober 2022.

Tim Sumsel yang menempati meja regu A berhadapan dengan tim fahmil quran Jawa Timur (regu B), serta tim Riau (regu C). Sebelumnya, tim Sumsel berhasil memupus harapan dua tim kuat Jabar dan Sumbar di babak semifinal.

BACA JUGA:Kafilah MTQ Sumsel Cabang Fahmil Quran Maju ke Babak Final 

Sumsel pertama kali menjawab paket soal yang diajukan oleh Dewan Hakim yang diketuai Prof Dr KH Ahmad Rofiq, MA. Dari 12 paket soal tersebut, sebanyak 8 soal mampu dijawab dengan sempurna oleh tim Sumsel yang diperkuat M Fadlul Amal, Ahmad Azka An Nabil, dan Ahmad Zain Ardillah.

Dua soal dijawab tidak sempurna dan dua soal tidak mampu dijawab. Sehingga, pada babak paket soal ini tim Sumsel kehilangan 370 poin yakni hanya mengumpulkan sebanyak 830 poin. Ditambah dengan poin dari soal lemparan 25 poin, sehingga poin tim Sumsel sebanyak 855 poin. 

Sementara regu B Jatim meraih nilai sempurna 1.200 poin sedangkan regu C Riau meraih 990 poin, dan setelah ditambah nilai soal lemparan menjadi 1.055 poin. Pada posisi seperti ini, lalu dilanjutkan ke babak soal rebutan. Pada babak ini tim Jatim terlihat terus melaju dengan meninggalkan dua tim lainnya.

Namun kemudian tim Sumsel mampu menyamakan poin dengan tim Riau setelah berhasil menjawab dua soal, sehingga kedudukan nilai menjadi sama yakni 1.055 poin. Regu Jatim pun terus menambah poin, hingga jauh meninggalkan Sumsel dan Riau. 

BACA JUGA:Tim Fahmil Quran Sumsel Masuk Semi Final MTQN 2022 Kalsel

Pada kondisi krusial ini, tim Sumsel sempat salah dalam menjawab soal sehingga nilainya dikurangi 100 menjadi 955. Untung saja kemudian bertambah lagi, karena mampu menjawab soal nomor 15  yang merupakan soal terakhir untuk soal rebutan, sehingga kedudukan kembali imbang dengan nilai sama 1.055.

Karena kedudukan imbang maka untuk mencari pemenang/juara  kedua, dewan hakim menambah satu soal rebutan lagi. Dan soal tambahan tersebut mampu didahului dijawab oleh tim Sumsel dan dinyatakan benar oleh dewan hakim. Dengan demikian nilai tim Sumsel menjadi 1.155, 100 poin di atas nilai tim Riau. 

Mengetahui jawaban jubir tim Sumsel benar, maka sebelum dewan hakim bereaksi, secara spontanitas Ketua Harian LPTQ Sumsel KH Mudrik Qori langsung berangkat dari kursinya di barisan penonton, dan berteriak Allahuakbar berkali-kali. Reaksi dan teriakan Kiai Mudrik ini langsung disambut oleh suporter Sumsel lainnya. Baru sejenak kemudian dewan hakim  menyatakan bahwa jawaban tim Sumsel benar dengan memberi nilai 100. 

Dengan hasil ini maka nilai tim Sumsel menjadi 1.155 berada di urutan kedua dibawah nilai tim Jatim 2.040 yang menjadi pemenang. Sedangkan tim Riau menempati urutan ketiga dengan nilai 1.055. Riau yang selama ini sering menjadi runner up pada cabang MFQ, kali ini harus merelakan posisi tersebut kepada Sumsel pada MTQN tahun 2022 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: