Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran hingga DKR, Bangkitkan Kembali Pramuka di Ogan Ilir

Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran hingga DKR, Bangkitkan Kembali Pramuka di Ogan Ilir

Kakwarcab Pramuka Ogan Ilir, Muhsin Abdullah, melantik pengurus Mabiran, Kwarran, dan DKR Kecamatan Tanjung Batu Kamis sore, 6 Oktober 2022. Foto : Hetty/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Gerakan Pramuka di Kabupaten Ogan Ilir sempat vakum lantaran Covid-19. Namun, di tahun 2022 ini Gerakan Pramuka di Kabupaten Ogan Ilir mulai menggeliat kembali.

Hal itu ditandai dengan dilantiknya pengurus Majelis Pembina Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwarran) dan Dewan Kerja Pramuka (DKR) yang ada di kecamatan se-Ogan Ilir.

Menurut Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Ogan Ilir, Muhsin Abdullah, saat ini sudah terbentuk sembilan Mabiran, Kwarran, dan DKR dari sembilan Kecamatan yang ada di Ogan Ilir.

"Pelantikan Mabiran, Kwarran, dan DKR ini merupakan program kerja dari Kwarcab Ogan Ilir," katanya usai pelantikan Pengurus Mabiran, Kwarran, dan DKR Kecamatan Tanjung Batu di Balai Raga Desa Seribandung Kecamatan Tanjung Batu, Kamis sore, 6 Oktober 2022.

BACA JUGA:800 Pramuka Kwartir Ranting Ikuti Perkemahan Raimuna

Muhsin menambahkan, Gerakan Pramuka di Ogan Ilir memang harus dihidupkan kembali pasca Covid-19. 

Dengan terbentuknya Pengurus Mabiran, Kwarran, dan DKR seluruh kecamatan di Ogan Ilir, maka Kwarcab Ogan Ilir akan menyusun program kerja selanjutnya di tahun 2023.

"Salah satu agenda besar di tahun depan yakni adanya jambore dunia di Korea Selatan," sebutnya.

Saat ini, kata Muhsin, Kwarcab Pramuka Ogan Ilir sedang menyeleksi siapa saja yang akan ikut pada jambore dunia di Korea Selatan. 

BACA JUGA:Kwarcab Pramuka Ogan Ilir Bakal Lakukan Seleksi, Persiapan Ikuti Jambore Dunia di Korea

Sesuai dengan perannya, Mabiran di tingkat kecamatan juga diminta untuk menggali siapa saja di Kecamatan tersebut yang layak diikutsertakan.

"Mudah-mudahan Ogan Ilir bisa mewujudkannya, karena ini memang harapan bupati," tutupnya.

Sementara itu, Kamabiran Kecamatan Tanjung Batu, Syafran mengatakan, dirinya bertekad mengaktifkan seluruh elemen Pramuka yang ada di Kecamatan Tanjung Batu. 

"Para Kades dan Lurah juga siap untuk membentuk Pramuka desa. Nanti, Karang Taruna di desa yang mengaktifkannya," ungkapnya.(*)

Sumber: