Tim Peneliti UT Kunjungi Puyang Syekh Naga Berisang, Simbol Kekerabatan Luas Orang Komering

Tim Peneliti UT Kunjungi Puyang Syekh Naga Berisang, Simbol Kekerabatan Luas Orang Komering

--

OKU TIMUR - Suku Komering memiliki akar kekerabatan sangat kuat terjalin, salah satunya lewat pemberian gelar adok pengangkonan untuk mengangkat kerabat diluar Suku Komering

Keluasan kekerabatan orang Komering diluar sukunya sangat terasa dari hadirnya sosok Tuanku Puyang Syekh Naga Berisang di Desa Betung, Semendaway Barat, OKU Timur. 

Tertarik dengan hal itu, Tim Peneliti Universitas Terbuka (UT) Palembang yang diketuai Dr. Meita Istianda bersama Dr. Dedi Irwanto, M.A. (Universitas Sriwijaya), Giyanto, M.Sc. (Universitas PGRI Palembang), Kemas Ari Panji, M.Si. (UIN RF Palembang), Dudy Oskandar, S.H. (Jurnalis) dan Hidayatul Fikri, S.T. atau Mang Dayat (Youtuber beken Palembang). Terjun langsung melihat Maqom Puyang Syekh Naga Berisang, sekaligus melakukan wawancara dan mengumpulkan data mengenai simbolisasi keluasan kekerabatan Komering ini, Rabu 21 September 2022.

Tim peneliti bertemu dengan tokoh-tokoh adat Komering, di antaranya Kadis Dikbud OKU Timur Periode 2015-2019, Drs. M. Ali Pasyai, M.M didampingi Tokoh Tetua Adat dan tokoh budaya Betung, Samsul Bahri. 

BACA JUGA:Sepertinya Wewenang untuk Menahan Putri Candrawathi akan Beralih ke Kejagung, Kasusnya Sebentar Lagi P-21

“Maqom Puyang Syekh Naga Berisang adalah petilasan panjang. Kurang lebih panjangnya 12 meter. Selain bentuknya yang panjang. Sepengetahuan saya, Maqom Puyang Syekh Naga Berisang ini tersebar, baik di Lampung maupun Sumatra Selatan. Di Lampung, Puyang Syekh Naga Berisang dianggap sebagai pemimpin pengembaraan orang-orang Sungai Tatang, Lampung ke sekitar Danau Ranau. Puyang Syekh Naga Berisang ini juga dianggap sebagai Puyang di Kuripan, Marga Dihaji. Sepengetahuan saya juga jadi Puyang sakti bagi orang Gumay dan Lematang”, kata  Pak Ali Pasyai.

Gambaran tentang banyaknya tempat yang dilalui dalam perjalanan hidup Puyang Syekh Naga Berisang menurut eks Asisten III Pemkab OKUT ini sangat membantu dalam mengkontruksi kembali jejak persaudaraan dan kekerabatan luas orang Komering. 

Angkat saudara (pengangkonan) bagi orang Komering menurut Ali Pasyai bisa dilakukan sampai diluar suku Komering. Bahkan pengangkonan ini kadang lebih dari keluarga sedarah. 

Jika saudara angkatnya diganggu, maka orang Komering akan siap membelah mati-matian sebagai bukti kesetiakawanannya. Demikian juga sebaliknya. 

BACA JUGA:Siapa membunuh Putri (26) - Bluebeach Nenia

Ditambahkannya hubungan baik seperti ini bahkan menurutnya sudah ada sejak dulu. Selain itu, seseorang diluar Jolma Komering dapat diberi gelar keluarga oleh saudara angkatnya dari Komering. 

Inilah yang membuat orang Komering itu walau terlihat berwatak keras, tetapi bisa dapat menjadi sangat cair, jika sudah menjalin kekerabatan dekat dengan orang diluar sukunya. 

Filsafat moral dan etika dari jalinan persaudaraan yang dibentuk Puyang Syekh Naga Berisang yang ditradisi lisankan secara turun temurun menurut Ali Pasyai diyakini turut memiliki pewarisan ke orang-orang Komering setelahnya. 

“Menurut cerita tutur yang saya ketauhi dari orang-orang tua dulu. Sosok Puyang Naga Berisang ini pria yang sangat ganteng dan sakti madraguna. Beliau hidup sekitar akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16. Mengapa disebut Naga Berisang karena sosoknya mampu merubah wujud menjadi seekor naga. Kalau sudah menjadi naga menurut ceritanya, Beliau mampu mengeringkan air di Sungai Musi, Sungai Komering, Sungai Ogan dan Sungai Lematang. Beliau pemimpin perang dari uluan. Yang jika ilir, Palembang, diserang beliau dipanggil untuk menghalau musuh. Jika air sudah surut disedot Beliau, maka musuh dari laut tidak bisa masuk ke Kota Palembang”, kata Tokoh Tetua Adat dan tokoh budaya Betung, Samsul Bahri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: