Tindak Lanjuti Anjloknya Komoditi Sawit dan Karet

Tindak Lanjuti Anjloknya Komoditi Sawit dan Karet

NGANTOR : Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi menyampaikan sambutan.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Masyarakat Desa Perjito, Desa Gunung Megang Luar, Desa Bangun Sari Kecamatan Gunung Megang, mengeluahkan komoditi pasar sawit dan karet dunia sedang mengalami penurunan harga.

Hal ini tentunya berdampak akan minimnya hasil penjualan sawit dan karet.

Keluhan itu disampaikan masyarakat saat orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang saat Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) atau safari Juma't (23/9).

Nampak hadir para kepala organisasi perangkat daerah, Camat Gunung Megang, Kapolsek, Perangkat Desa dan warga.

BACA JUGA:Meriah, 600 Peserta Ikuti Porsadin V Kota Palembang

“Saat ini para petani sawit dan karet sedang menjerit pak, karena memang harga karet dan sawit sedang turun drastis. Kami minta uluran tangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk membantu para petani khususnya di Kecamatan Gelumbang ini,” keluh Suparno mewakili masyarakat Kecamatan Gunung Megang.

Dalam kesempatan yang sama, kepala desa di tiga desa yang menjadi lokus Bunga Desa di Kecamatan Gunung Megang, menuturkan bahwa memang 95% profesi masyarakat di Kecamatan Gunung Megang adalah petani sawit dan karet, dengan anjloknya harga komoditi sawit dan karet ini berpengaruh besar terkait kesejahteraan masyarakat Kecamatan Gunung Megang.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, menjelaskan bahwa belum lama ini asosiasi kabupaten dan kota sudah menggelar rapat terkait anjloknya harga komoditi sawit dan karet di pasar dunia, karena memang ini berdapak secara nasional bahkan skala internasional.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Pemkab Muara Enim khususnya melalui Dinas Perkebunan akan menindaklanjuti terkait permasalahan penurunan harga sawit dan karet ini.

BACA JUGA:Selain Faktor Keturunan, 7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Anda Rentan Terserang Diabetes

“Mungking nanti akan kita sinergikan dengan program-program yang ada di Dinas Perkebunan Kabupaten Muara Enim, baik itu melalui Re-Planting (Peremajaan), pemberian bibit dan pupuk gratis kepada para petani,”ujar Kurniawan.

Diakhir arahannya, Kurniawan mengingatkan kepada masyarakat di Kecamatan Gunung Megang untuk menjaga lingkungan sekitar khususnya kebersihan air yang menjadi sumber daya alam utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mecuci, memasak dan minum.

“Saya menghimbau khususnya kepada unsur tripika dan pak kades sekalian untuk menjaga kebersihan air, pasalnya memang kebersihan air ini merupakan faktor utama dalam pencegahan stunting yang masih menjadi masalah utama dan perlu perhatian kita semua,”pungkas Pj Bupati.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: