Hari Pertama, 19 Pendaftar Panwascam Serahkan Berkas ke Bawaslu Ogan Ilir

Hari Pertama, 19 Pendaftar Panwascam Serahkan Berkas ke Bawaslu Ogan Ilir

Sejumlah warga menyerahkan berkas untuk mendaftar sebagai Panwascam di Kantor Bawaslu Ogan Ilir, Rabu, 21 September 2022.-Hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Belasan orang tampak mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Ogan Ilir yang berada di Jalan Lintas Palembang-Indralaya Kelurahan Indralaya Indah, sejak pagi hingga sore ini, Rabu, 21 September 2022.

Kedatangan belasan orang ini adalah untuk menyerahkan berkas guna mengikuti tes penerimaan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Sesuai dengan jadwalnya, pendaftaran mulai dibuka hari ini.

Seperti diungkapkan Herman Yahya, salah seorang calon peserta yang berasal dari Kecamatan Rantau Panjang. Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Panitia Pilkades Ketapang I, mendatangi Kantor Bawaslu Ogan Ilir ini untuk menyerahkan berkas pendaftaran Panwasam.

"Harapan saya kiranya bisa terpilih sesuai dengan seleksi yang akan dilakukan nanti," harapnya.

BACA JUGA:Permintaan Tinggi, PT Petrogas Bakal Perluas Jaringan Distribusi Gas di Ogan Ilir

Adapun yang diserahkan Herman ke panitia, antara lain, surat lamaran, surat pernyataan, daftar riwayat hidup, dan pengalaman pekerjaan. Kesemuanya itu diserahkan ke panitia penerimaan berkas dengan rangkap tiga.

"Saya berkeinginan supaya pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Rantau Panjang nantinya akan berjalan lancar dan kondusif, jikalau nanti saya terpilih," katanya optimis.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir, Dermawan Iskandar mengungkapkan, di hari pertama ini pihaknya menerima 19 berkas pendaftar Panwascam. Terdiri dari, 18 orang laki-laki dan satu orang perempuan.

"Untuk penerimaan berkas, pendaftar bisa melakukannya lewat datang langsung ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir, email, maupun lewat Pos," kata Iskandar.

BACA JUGA:Wali Siswa vs Kepala SMAN 1 Pemulutan Selatan Akhirnya Berdamai

Diterangkan Iskandar, pengumuman kelengkapan administrasi akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2022. Bagi yang dinyatakan lengkap administrasi, akan diikutsertakan tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022. 

"Pelaksanaan tes tertulis kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kemudian, akan menggunakan sistem gugur. Dimana, hanya ada enam peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes wawancara," lanjutnya.

Setelah mendapatkan hasilnya, maka Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir mengumumkan tiga anggota Panwascam 16 kecamatan di Ogan Ilir pada 25 Oktober 2022 mendatang.

"Kita berharap pendaftar Panwascam banyak, sehingga kami bisa memilih mana yang terbaik. Serta pelaksanaan Pemilu 2024 di Ogan Ilir berjalan dengan baik dan lancar," harap Iskandar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: