Ribuan Warga Desa Kurungan Nyawa II Gotong Royong Massal Bersihkan Saluran Irigasi

Ribuan Warga Desa Kurungan Nyawa II Gotong Royong Massal Bersihkan Saluran Irigasi

Kades Kurungan Nyawa II Wahadi saat gotong royong massal yang melibatkan ribuan warganya.-Foto: Dok. Sumeks.co-

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Warga Desa Kurungan Nyawa II, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU TIMUR melakukan gotong royong massal membersikan saluran irigasi sekunder.

Gotong royong ini melibatkan petugas P3A, dan juga pihak Upper Komering OKU Timur untuk memantau proses gotong royong massal tersebut.

Kegiatan yang diinisiasi Kepala Desa, Wahadi, diikuti kurang lebih 1500 warga Desa Kurungan Nyawa II dan desa tetangga.

"Pendangkalan dan semak belukar yang tumbuh di saluran irigasi sekunder menghambat aliran air, sehingga kami putuskan untuk gotong royong," kata Wahadi.

BACA JUGA:HKGN Tahun 2022, 1.900 Anak SD di OKU Timur Sikat Gigi Bersama

Wahadi menuturkan, saluran irigasi sepanjang 7 kilometer ini difungsikan untuk mengaliri 320 hektar sawah petani. Sehingga harus dibersihkan untuk mencukupi debit air ke sawah-sawah tersebut.

"Targetnya 100 persen debit air dapat mengaliri sawah warga, sehingga petani kita dapat melakukan 3 kali tanam dalam setahun," sambung Wahadi. Sabtu 17 September 2022.

Kegiatan ini, lanjut Wahadi, sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan program Gubernur Sumsel yakni Pekan Gotong Royong Nasional ke-18 tahun 2022.

"Kami mendukung program pemerintah dan program gubernur, dan kami buktikan dengan melibatkan ribuan masyarakat," tandasnya.

BACA JUGA:Bupati OKU Timur H Lanosin Raih Penghargaan IVL 2022 Kategori Local Economics Empowerment

Menurut Wahadi, kegiatan gotong royong massal di Desa Kurungan Nyawa II yang melibatkan ribuan masyarakat ini baru pertama kali dilakukan di Kabupaten OKU Timur.

"Kalau di OKU Timur, saya rasa  kita perdana yang melibatkan masyarakat sampai sebanyak ini," imbuhnya.

Wahadi sangat berterima kasih kepada warga lima dusun di Desa Kurungan Nyawa II yang ikut andil dalam gotong royong ini.

Sementara itu, ketua Petugas Penjaga Pintu Air (P3A), Slamet mengatakan, kegiatan gotong royong massal yang dilakukan masyarakat Kurungan Nyawa II ini sangat membantu mereka, sebab selama ini mereka cukup kewalahan untuk membersihkan saluran irigasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: