Jangan Sampai Akun Instagram Anda Dibajak Hacker, Kenali Cirinya

Jangan Sampai Akun Instagram Anda Dibajak Hacker, Kenali Cirinya

Kenali ciri akun Instagram Anda diretas oleh hacker. Foto : edho/sumeks.co --

Aktifkan autentikasi dua faktor 

Otentikasi dua faktor merupakan sistem keamanan akun yang meminta pengguna melakukan verifikasi dua langkah saat masuk ke dalam akun tersebut. Umumnya, otentikasi tersebut berupa password akun dan kode khusus yang dikirim melalui SMS atau e-mail. 

Instagram juga menyediakan fitur otentikasi dua faktor (2FA) yang bisa diaktifkan oleh pengguna. Caranya, buka aplikasi Instagram dan masuk ke menu profil yang terletak di sisi kanan bawah aplikasi. 

Pilih akun tiga garis horizontal dan pilih menu settings. Pilih menu security > two-factor authentication > dan tekan tombol “Get Started”. 

Ada tiga jenis metode 2FA yang bisa dipilih, yakni melalui aplikasi Instagram, WhatsApp, dan SMS. 

BACA JUGA:Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank, Berikut Tips dari Pakar Agar Terhindar

Apabila memilih opsi SMS, maka Anda akan diminta untuk memasukkan enam digit kode yang dikirimkan melalui SMS. Kemudian, screen capture lima kode cadangan yang diberikan, untuk memulihkan akun apabila pengguna lupa dengan password yang digunakan. 

Serupa dengan metode 2FA menggunakan SMS, pengguna yang memilih opsi WhatsApp juga akan menerima kode otentikasi yang akan dikirimkan melalui pesan di WhatsApp. 

Nyalakan mode privasi pada akun Instagram 

Ketika mode ini diaktifkan, maka pengguna lain yang belum mengikuti tidak dapat melihat profil Anda. Mode privasi dapat diaktifkan dengan mengikuti langkah berikut: 

BACA JUGA:Mobil Perlu Diasuransi? Berikut Tips Menghitung Preminya

Login ke akun Instagram. Pilih settings > privacy. Geser toggle di sebelah kanan opsi “Private account” hingga berubah menjadi warna biru. Akun sudah masuk ke dalam mode privasi (Private). 

Cara ini cukup praktis untuk digunakan lantaran Anda tak lagi perlu melakukan pendaftaran akun baru pada situs, aplikasi atau game yang hendak digunakan. 

Sebelum masuk menggunakan akun Instagram, Anda harus dapat dengan bijak memilih apakah aplikasi tersebut berpotensi berbahaya atau tidak. 

Login ke akun Instagram melalui browser komputer 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pojoksatu.id