Dua Tahun Pandemi, Parade Perahu Hias Akhirnya Ramaikan Sungai Musi

Dua Tahun Pandemi, Parade Perahu Hias Akhirnya Ramaikan Sungai Musi

Perahu Hias saat mengikuti perlombaan parade, di Sungai Musi. Foto : Naba/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sebanyak 36 Perahu Hias mengikuti perlombaan parade, di Sungai Musi, Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sabtu (20/8) sore.

Rangkaian perlombaan digelar guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun 2022, digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang.

Pantauan SUMEKS.CO, perlombaan dimulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. Terlihat 36 Perahu Hias di Sungai Musi berlalu-lalang bergantian sesuai dengan nomor urut untuk dinilai oleh para juri.

Setiap perahu memiliki keunikan tersendiri dengan menampilkan beragam tema seperti ornamen songket, naga, gajah, rumah adat dan lainnya.

BACA JUGA:Lomba Bidar-Perahu Hias Diharapkan Dorong Bangkitkan UMKM

Peserta Parade Perahu Hias ini diikuti oleh seluruh OPD Kabupaten Kota, BUMN dan BUMD di Sumatera Selatan.

Sementara, masyarakat Kota Palembang tampak antusias dan berkerumun di BKB menyaksikan event tahunan yang sudah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

"Perlombaan perahu hias pada hari ini merupakan tradisi turun-temurun Kota Palembang yang digelar setiap 17 Agustus-an," kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Sulaiman Amin.

Dia mengucapkan rasa syukur atas terlaksana rangkaian perlombaan setelah dua tahun terhenti, ia juga mengucapkan terima kasih untuk Gubernur Sumsel dan BUMN/BUMD terkait yang telah mendukung diaktifkan kembali perlombaan perahu hias dan bidar.

BACA JUGA:Lomba Bidar dan Perahu Hias, Pemprov Sumsel Tunggu Dana CSR

"Lomba parade perahu hias diikuti 36 unit perahu hias, melintasi rute yang sama dengan perahu bidar yakni melaju sejauh 3-4 kilometer, dimulai Pelabuhan 35 Ilir, (Musi VI) dan berakhir di BKB," tutupnya.

Sania, warga Kenten Palembang sengaja datang ke kawasan BKB untuk menonton langsung parade perahu hias bersama rombongannya.

"Saya sengaja datang ke sini bersama teman-teman untuk melihat hiburan Palembang yang telah lama tidak dipertunjukkan. Acaranya seru cukup untuk mengisi waktu luang karena haus hiburan," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: