Hasil Positif, Disnakertrans OKU Selatan Mampu Turunkan Pengangguran

Hasil Positif, Disnakertrans OKU Selatan Mampu Turunkan Pengangguran

Kepala Disnakertrans Kabupaten OKU Selatan, Darmawan SE, MSi.--harianokus.com

SUMEKS.CO, MUARADUA – Jumlah pengangguran di Kabupaten OKU Selatan, sejak tahun 2021 mengalami penurunan. 

Tahun ini, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten OKU Selatan, terus berusaha pengangguran berkurang.

Kepala Disnakertrans Kabupaten OKU Selatan, Darmawan SE, MSi, mengungkapkan periode Agustus 2020 hingga Agustus 2021 angkatan kerja di OKU Sselatan yakni 192,155 orang. Atau dengan kata lain, jumlah penduduk yang bekerja mendapat penambahan sebanyak 185,850 orang.

"Tingkat pengangguran terbuka (TPT) presentasenya turun. Dari yang tahun lalu 3,28 % menjadi 3,23 %. Jadi tahun ini TPT Kita turun 0,05 %,” kata Darmawan, Rabu (2/8).

BACA JUGA: Tanah Longsor di OKU Selatan, Dua Warga Luka, Dua Rumah Roboh

Dia menjelaskan ingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) OKU Selatan pada periode Agustus 2020 - Agustus 2021 mengalami kenaikan.  Dari semula yakni 71,48 % menjadi 76,17 % atau naik 4,7 %.

Berdasarkan hasil survei Badan Statistik OKU Selatan, angkatan kerja nasional tahun 2021 mencapai 207.509 orang. Dengan Komposisinya 200.804 orang bekerja dan 6.705 status pengangguran terbuka.

"Angka partisipasi angkatan pekerjaan Kita tahun periode 2021 lalu mencapai 75.17 %," timpalnya.

 Turunnya angka pengangguran ini, ungkap Darmawan, menjadi kabar baik. Hal ini menandakan usaha program yang diterapkannya sepanjang tahun 2021 lalu, yakni melakukan kerjasama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) membawa hasil.

BACA JUGA:Dua Warga OKU Selatan Tewas Disambar Petir Saat Petik Kopi

Kejasama yang di jalani antara BKK dengan Dinas Keternagakerjaan OKU Selatan tersebut, meliputi penyaluran alumnus SMA dan SMK terbaik langsung ke beberapa perusahan.

"Jadi ada beberapa sekolah yang sudah Kita langsungkan kerjasama dengan BKK ini.  Terakhir ada alumnus Kita dari SMK, ditarik ke PT USG Semarang," katanya. 

Selain melakukan kerjasama BKK, untuk terus menekan angka pengangguran di Kabupaten OKU Selatan, Disnakertrans juga sudah merencanakan untuk membuat Balai Latihan Kerja (BLK). Khusus BLK ini, targetnya bisa segera direalisasikan secepatnya.

"Untuk potensi sektor, wilayah Kita, OKU Selatan masih mendominasi sektor pertanian dalam hal serapan pekerjaan. Disusul sektor peternakan, perkebunan/kehutanan, perikanan, pertambangan, industri, perdagangan dan bagunan," jelas Darmawan.(dal/harianokus.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: