Massa PDIP Long March untuk Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU

Massa PDIP Long March untuk Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU

Massa PDIP longmarch menuju KPU untuk mendaftar Partainya sebagai Calon Peserta Pmilu 2024--

SUMEKS.CO, Massa PDI Perjuangan (PDIP) melakukan long march dari kantor DPP menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, rombongan PDIP berangkat Senin (1/8) pukul 7.25 WIB dari kantor DPP di Jalan Diponegoro, diiringi drum band berseragam merah dan putih. Selain itu, mereka juga mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan pimpinan DPP lainnya tampak mengenakan seragam berwarna merah dengan logo partai di sebelah dada kiri. Long march itu terus berlanjut ketika lima pimpinan DPP masuk ke dalam kantor KPU untuk melanjutkan proses pendaftaran.

Rombongan pun menampilkan lagu yang dinyanyikan oleh sinden dan diiringi permainan angklung. Setelahnya, drum band partai ini kembali memainkan lagu himne PDIP. Hasto mengungkap alasan partainya untuk melakukan long march adalah sebagai bentuk semangat nasionalisme dan bela negara.

BACA JUGA:Dua Petinggi KPUD Kaur Ditetapkan Tersangka, Kejari: Ini Kado Spesial Hari Bhakti Adhyaksa

"Apa yang dilakukan oleh [PDIP] Perjuangan selain komitmen terhadap seluruh tahapan Pemilu juga menampilkan pada bulan Agustus ini semangat nasionalisme, patriotisme bela negara, dan juga semangat Indonesia yang berkepribadian dan kebudayaan," ujarnya pada wartawan, Senin (1/8).

Menurut Hasto, hal itulah yang ingin ditunjukkan lewat rombongan long march ke KPU. "Total peserta sebenarnya dirancang itu 77 orang, tetapi partisipasi semakin meningkat. Banyak anak-anak muda yang bergabung, kita lihat ada angklung, ada ibu-ibu, yang kemudian membawa pakaian kebaya, ada anak-anak muda sehingga total hampir 300-an saja," paparnya.

KPU resmi membuka pendaftaran peserta pemilu 2024 bagi partai politik (parpol) hari ini, Senin (1/8).

Komisioner KPU August Mellaz mengungkap sejauh ini terdapat 10 parpol yang bakal mendaftar hari ini. Sepuluh partai itu adalah PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, PRIMA, Perindo, PBB, PPP, dan Partai Gelora.

Menurutnya, sampai saat ini KPU sudah menerima pernyataan 18 parpol yang bakal mendaftarkan diri.  (ugo/cnn/ckm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: