Ada Tamu Mengaku Petugas PLN Masuk ke Rumah dan Terjadilah

Ada Tamu Mengaku Petugas PLN Masuk ke Rumah dan Terjadilah

Kapolsek IB I Kompol Roy A Tambunan memegang laptop yang dicuri oleh tersangka Herman. Foto : edho/sumeks.co--

SUMEKS.CO - Berbekal satu buah obeng tespen, Herman Syaputra (31) mengaku sebagai petugas PLN dan masuk ke rumah salah seorang korbannya.

Di dalam rumah korbannya seorang mahasiswa berinisial R di Jl Demang Lebar Daun, Lr Gembira Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB I, Palembang, tersangka Herman berhasil menggasak satu unit laptop.

“Sebelumnya pelaku mengaku kepada korban sebagai petugas PLN yang akan mengecek listrik di rumah korbannya bermodalkan obeng tespen saja,” kata Kapolsek IB I Palembang, Kompol Roy A Tambunan SIP SIK. 

BACA JUGA:2 Sindikat Penipuan Online yang Ditangkap Siber Polda Sumsel Berstatus Napi, 1 Meninggal Akibat Covid

Saat berpura-pura mengecek itu, korban sudah mulai curiga dengan tersangka. Lalu diam-diam korban merekam aksi tersangka menggunakan handphone.

“Hal itu dilakukan korban untuk mengantisipasi kalau benar memang orang itu penjahat, korban sudah ada bukti rekaman," jelas Roy.

Apa yang ditakutkan korban ternyata benar-benar terjadi. Saat korban lengah, tersangka masuk ke kamar dan mengambil Hp dan laptop,” kata Kompol Roy, kepada awak media Kamis (21/7).

BACA JUGA:Kasus Dugaan Penipuan CPNS Rp 9,7 M, Anak Nia Daniaty Jadi Tersangka

Korban kemudian membuat laporan polisi. Tidak menunggu lama, tersangka Herman berhasil ditangkap di rumahnya yang berada di Jl Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami Palembang.

"Kita juga mengamankan barang bukti laptop yang belum dijual dan satu unit sepeda motor Honda CBR yang dipakai pelaku saat mendatangi rumah korban,” tutup Roy.

Di hadapan polisi, tersangka Herman mengaku sebagai petugas PLN hanya untuk mengelabui korban. Dia terpaksa melakukan terlarang itu lantaran butuh uang untuk membayar angsuran motor.

BACA JUGA:Hati-hati Penipuan Berkedok Arisan Online yang Tawarkan Keuntungan Besar Marak Lagi

“Saya sama sekali tidak paham tentang listrik Pak dan tidak pernah sakalipun bekerja di PLN. Hanya modal nekat saja, karena butuh uang untuk bayar cicilian motor bodong yang saya beli, ungkapnya.(dho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: